Pariwara
Politik

Jelang Pemilu, Disdukcapil Kendari Maksimalkan Pencetakan KTP-el

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari terus menggenjot pencetakan kartu penduduk elektronik (KTP-el) jelang Pemilu 2019. Upaya ini tidak hanya bagian untuk melindungi hak pilih masyarakat, namun juga mendorong peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) dan pemilihan presiden (Pilpres) mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, H Halili mengaku akan terus memaksimalkan percetakan KTP-el. Selain untuk mempercepat realisasi kepemilikan KTP-el, namun juga kebutuhan Pemilu 2019. Apalagi basic data pemilih pada pesta demokrasi lima tahunan nanti merujuk pada KTP-el. “Kami akan melakukan koordinasi dengan agar proses pencetakan KTP-el bisa terus berlangsung. Kalau bisa hingga Pemilu nanti,” kata Halili saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (9/10).

Saat ini, pencetakan bisa berlangsung hingga bulan Desember. Untuk mengatasi ketersediaan tinta mulai Januari hingga April 2019, pihaknya telah menyampaikan ke Pemkot dan DPRD. Hal ini untuk memastikan proses pencetakan KTP-el terus berlanjut dan tidak sempat vakum.

“Kami sudah lobi agar kekurangan tinta bisa segera diantisipasi lebih awal. Hingga kini, kami lagi usahakan agar percetakan tetap dilakukan,” tuturnya.

Bukan hanya tinta, ketersedian blangko juga menjadi perhatian. Dari 6 ribu blangko yang diajukan, baru seribu yang didistribusikan ke daerah. Namun dalam waktu depan, sisanya akan segera dikirim. “Kami dijanji akhir Oktober ini akan menyusul,” ujarnya. (b/rud)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top