Pariwara
Kolaka Utara

Dishub Kolut Benahi Dokumen Bandara

Junus

KENDARIPOS.CO.ID — Dokumen usulan realisasi pembangunan bandar udara (Bandara) yang direncanakan di Kecamatan Kodeoha, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), telah ditelaah pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Karena belum baku, maka berkas tersebut harus kembali dilengkapi. Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Junus, menjelaskan pihaknya telah mengkonsultasikan hal itu dan mengetahui, yang belum terbenahi adalah menyangkut pembiayaan detail engineering design (DED). Olehnya itu tahun 2019 mendatang akan disiapkan anggarannya. “Hal yang paling mendesak juga terkait peninjauan dan penetapan lokasi,” ujar Junus di ruang kerjanya, Selasa (9/10).

Jika persoalan tersebut telah dilengkapi, pihaknya siap melayangkan surat ke Kemenhub untuk meminta kesiapan melakukan peninjauan langsung ke Kodeoha, sekaligus verifikasi lahan. Menyangkut pembebasan tanah perencanaan pembangunan Bandara tersebut tentu menjadi domain Pemkab Kolut. Ia menargetkan, 2020 nanti, realisasi fisik Bandara dapat dilakukan. Meski penunjukan lahan di Kodeoha tersebut sudah paten, namun tidak berarti akan bergeser. Sedari awal memang ada tiga titik yang dipersiapkan hingga Kodeoha menjadi pilihan terbaik.

“Verifikasi lalu penetapan lahan oleh Kemenhub dalam kunjungannya nanti tidak mengubah pilihan penempatan lagi. Hanya saja secara prosedural begitu tahapannya,” terang Junus lagi. Pihaknya terus mengawal realisasi pembangunan Bandara tersebut. “2019 ditinjau dan final pembebasan lahannya. Nanti 2020 sudah siap dibangun,” pungkasnya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top