Pariwara
Konawe Selatan

Bupati Konsel : Program Desa dan Pemkab Harus Padu

KAMALUDDIN/KENDARI POS
KOORDINASI : Rapat terkait pemetaan kawasan pertumbuhan di Kabupaten Konsel yang dipimpin langsung Bupati, H. Surunuddin Dangga (kedua dari kiri, depan), selasa (9/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya sinkronisasi program pembangunan antara desa dan pemerintah kabupaten (Pemkab) tahun 2019 mendatang, sedang digagas Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga. Selasa (9/10), Konsel-1 itu memimpin rapat yang membahas pemetaan kawasan pusat pertumbuhan. Pertemuan diikuti seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan kepala desa (Kades).

“Koordinasi ini digelar untuk menyatukan pandangan dan program kerja yang ada di desa serta kabupaten. Sehingga satu tujuan dalam membangun wilayah masing-masing dalam satu konsep, yakni kawasan pusat pertumbuhan dengan menonjolkan potensi unggulan masing-masing desa,” papar Surunuddin Dangga.

Ia menegaskan, camat seharusnya menjadi garda terdepan dalam menyampaikan program sinergi tersebut kepada Kades dan masyarakat. “Pemerintah desa sebaiknya fokus mengembangkan unggulan yang sudah menjadi andalah di wilayahnya. Dari pada mencoba program yang belum jelas keberhasilannya. Seperti Desa Angata di pinggiran Rawa Aopa, cocok kembangkan tanaman sagu. Karena selain ketahanan pangan juga untuk menjaga lingkungan sekitar agar tidak mudah longsor,” gagas Surunuddin.

Ia sendiri mengaku telah memetakan beberapa kawasan pusat pertumbuhan. Mulai dari Kecamatan Lainea terpusat di Desa Pamandati dan Lainea, Kecamatan Tinanggea di Kelurahan Ngapaaha, Kecamatan Kolono Awunio dan Sawah, Kecamatan Kolono Timur yang meliputi Desa Roda dan Amolengu. Juga Kecamatan Ranomeeto di Desa Langgea dan Kota Bangun, Kecamatan Landono di Desa Tridana Mulya, Kecamatan Konda terbagi dua kawasan yakni Kelurahan Konda, Lambusa, Lalowiu, Konda Satu, dan Desa Tanea mencakup Cialam, Amohalo, Ambololi. Untuk Kecamatan Mowila yakni Mulya Sari, Pudahoa, Punggulahi, Kondoano dan Ranombayasa, Kecamatan Laeya di area Aepodu. Kecamatan Sabulakoa di Desa Watu-watu dan Kecamatan Ranomeeto Barat di Desa Lameuru.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang, mengatakan, untuk mendukung pembentukan kawasan ini, selaku Ketua TAPD ia meminta para pimpinan OPD agar memasukkan detail programnya pada rencana kerja pemerintah sesuai aturan perundang-undangan pada pembahasan APBD 2019 di bulan November 2018 ini. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top