Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Berlaku Januari 2019, Buang Sampah Sembarangan Warga Kendari Didenda Rp 500 Ribu

Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Peraturan daerah Pemerintah Kota Kendari Nomor 4 tahun 2015 tentang pengelolaan sampah sudah ditetapkan. Perda itu menjadi salah satu perangkat pendukung bagi Pemkot untuk merealisasikan visi dan misi Kota Kendari, kota layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi. Pelaksana Tugas (Plt) Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan penerapan Perda Sampah ini dapat membentuk kondisi dan tatanan masyarakat yang taat dan patuh dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sulkarnain Kadir memastikan penerapan denda bagi pelanggara perda sampah itu efektif berlaku Januari 2019.

Bagi pelanggar perda bakal dikenakan sanksi berupa denda. Angkanya lumayan besar, sekira Rp 500 ribu. Pemberlakuan sanksi denda itu untuk menstimulasi kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga kebersihan lingkungan tetap terjaga. “Dua bulan ini kita masih tahap sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Plt.Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat ditemui, Selasa (9/10/2018).

Sulkarnain Kadir menambahkan langkah yang diambil ini sangat tepat demi dengan pencapaian tujuan bersama menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak huni. Tentunya harus dibarengi sinergi Pemkot dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Mudah-mudahan kesadaran masyarakat dapat terbentuk untuk bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih dan menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain,” ungkap pasangan Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra itu.

Penerapan perda tentang sampah akan sukses jika disertai dengan penyediaan sarana dan prasarana. Pemkot Kendari saat ini melakukan perbaikan sarana dan prasarana di lingkungan masyarakat. “Perbaikan tempat sampah yang rusak segera dilakukan dan satgas akan dikerahkan di kelurahan-kelurahan,” tutur Sulkarnain Kadir. (rud/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top