Pariwara
Bau-bau

Walikota Baubau Tingkatkan Infrastruktur Bandara

As Tamrin

KENDARIPOS.CO.ID — Rute penerbangan yang menghubungkan beberapa kota di Indonesia sudah dapat diakses melalui Bandara Udara Betoambari, Kota Baubau. Saat ini, tercatat ada tiga jalur penerbangan telah diresmikan dan dilalui yakni, Baubau-Kendari, Baubau-Makassar dan Baubau-Ambon. Seluruhnya sudah dapat ditempuh dengan pesawat Garuda Indonesia dan Lion Air.

Meningkatnya rute penerbangan Bandara Udara Betoambari merupakan bentuk nyata dari kinerja pemerintah dalam mendorong peningkatan trasportasi udara. Tentunya semua itu untuk menujang kelancaran mobilisasi masyarakat melalui jalur penerbangan. Mengingat Kota Baubau menjadi setral persinggahan masyarakat dari dalam dan luar kota. Meski demikian, semua itu belum dianggap maksimal oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Pasalnya, tiga jalur penerbangan tersebut rata-rata hanya menggunakan pesawat jenis Avions de Transport Regional (ATR) atau pesawat dengan kapasitas penumpang berskala kecil. Hal itu dikarenakan Bandara Betoambari belum bisa dilandasi oleh pesawat boeing.

Melihat kondisi itu, Wali Kota Baubau, Dr. AS Tamrin berjanji akan meningkatkan infrastruktur bandara. “Saat ini, kami terus mengupayakan untuk menambah panjang dan tebal landasan pacunya. Agar Badara Udara Betoambari bisa dilalui pesawat boeing,” kata AS Tamrin, Senin (8/10/2018)
Untuk bisa dilalui pesawat Boeing, lanjut dia, Bandara Betoambari saat ini masih belum layak. Kondisi runway masih terbilang pendek yaitu sekitar 1.800 meter. Ukuran itu masih sangat kecil untuk dilalui pesawat Boeing yang membutuhkan landasan sekitar 2.500 meter. Pemkot Baubau perlu menambah pajang runway sekitar 700 meter lagi.

Hanya saja semua itu terbentur dengan kondisi lahan. Dimana jika dilakukan tambahan landasan pacu, maka akan menerobos lahan milik warga. Bahkan jalan provinsi yang menghubungkan Kota Baubau dan Buton Selatan (Busel) juga akan ikut tergusur. Makanya, untuk merealisasikanya perlu ada koordinasi yang mantap antara Pemkot Baubau, Pemprov Sultra dan masyarakat.

“Tentunya kita tidak akan tutup mata dalam membangun. Semua rambu-rambu yang ada harus kita lalui dengan baik. Kita akan koordinasi dengan Pemprov. Begitu pula dengan segala aspirasi masyarakat, akan kita tampung. Sehingga semua bisa terwujud dan bandara Betoambari bisa dilandingi pesawat Boeing,” ucap Wali Kota Baubau dua periode itu. Dia menambahkan, peningkatan infrastruktur bandara menjadi salah satu program yang akan diperjuangkan untuk dibagun. Alasannya, bandara merupakan infrastruktur penting dalam menujang kemajuan daerah. “Bandara adalah fasilitas penting yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Misalnya untuk mempecepat akses masyarakat ke suatu daerah untuk berwisata atau hal lain,” pungkasnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top