Pariwara
Nasional

TNI Bantu Salurkan Logistik ke Palu

Marwan/kendari pos
LOGISTIK: Sejumlah personel TNI bahu membahu mengangkat logistik ke pesawat Hercules C-130 A.1320 di Lanud HLo Kendari, kemarin. Bantuan tersebut merupakan donasi warga Sultra untuk korban gempa dan tsunami di Palu.

KENDARIPOS.CO.ID — Simpati terhadap warga korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan beberapa wilayah lain di Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berdatangan. Senin (8/10), bantuan logistik kembali disalurkan lewat Pangkalan Udara Haluoleo (Lanud HLO) Kendari. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini TNI sendiri yang turun tangan menaikan logistik di atas Hercules C-130 A.1320. Pesawat yang digunakan juga berbeda dari biasanya. Kalau sebelumnya hanya menampung dibawah 10 ton logistik bantuan, kini bisa menampung sampai 15 ton. Hercules C-130 A.1320 biasanya beroperasi di Makassar, Kalimantan, atau di Jakarta. Namun sengaja diperbantukan di Lanud HLO Kendari, karena banyaknya logistik yang akan disalurkan.

Semua informasi itu disampaikan Danlanud HLO Kendari, Kolonel Pnb. Nana Resmana. Kata dia, tak hanya bisa menampung logistik, tapi juga mengangkut relawan, petugas PMI, hingga wartawan. “Kapasitas muatan logistik bisa sampai 15 ton,” ujar Nana Resmana. Dia berharap, bantuan yang didonasikan warga Sultra bisa secepatnya sampai kepada masyarakat yang membutuhkan. Makanya, selain lewat jalur udara, pihaknya tetap berkoordinasi dengan semua pihak untuk pemberangkatan jalur laut.

“Logistik yang ada masih puluhan bahkan seratusan ton. Makanya, harus ada alternatif pengiriman jalur laut,” jelasnya. Sebelumnya, Dandim 1417 Kendari, Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya mengungkapkan, pendistribusian logistik akan dimaksimalkan. Pihaknya juga mulai memikirkan, terkait rencana pengiriman lewat jalur laut. Kalau menggunakan pesawat CN 295 milik TNI AU, hanya bisa muat 4-5 ton sekali terbang. Padahal, masih ada sekira 70 ton lebih tersisa.

“Semoga koordinasi bersama rekan-rekan dan Stekholder cepat tuntas. Sehingga, pada 10-15 Oktober bisa dikirim lewat jalur laut,” ujar Fajar Lutvi Haris Wijaya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top