Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Terbukti Terlibat Peredaran Narkoba, Oknum Pegawai Lapas Langsung Dipecat

KENDARIPOS.CO.ID — Polisi dan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Sultra dan BNN Kota Kendari acapkali menangkap pengedar dan penyalahguna narkoba. Para pelaku umumnya bermain-main dengan narkoba jenis sabu. Di hadapan penyidik BNN, mereka mengaku mendapatkan sabu melalui jaringan yang dikendalikan oknum yang mendekam dibalik tahanan Lapas. Seperti pengakuan Purnama Sidik alias Arman yang ditangkap BNN Kota Kendari. Pelaku mengaku dikendalikan oleh seseorang dari balik Lapas.

Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra terus melakukan pengawasan di Lapas. Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sultra, H Muslim menegaskan agar penghuni Lapas jangan pernah main-main dengan narkotika. Pihaknya tidak segan-segan akan memberikan sanksi berat berupa pemecatan kepada oknum pegawai Lapas yang terbukti menggunakan atau membantu tahanan narkoba.

“Olehnya itu pengawasan dalam Lapas harus rutin dilakukan. Apalagi beberapa bulan lalu ada pengedar yang terjaring oleh BNNK mengaku mendapat narkoba melalui jaringan yang berada dalam Lapas. Kita sudah tekankan kepada pegawai bahwa bagi yang kedapatan akan diberikan sanksi berat. Bisa jadi akan dilakukan pemecatan,” ujar H.Muslim saat ditemui, Senin (8/10/2018).

Mantan Kepala Lapas itu mengaku pengawasan akan terus dilakukan di dalam Lapas. Apalagi program nasional sudah mengatur bahwa Lapas harus terbebas dari yang namanya Halinar yakni Bebas Hape, Pungli dan Narkoba. H.Muslim menjelaskan proses pengawasan dengan melakukan razia dalam Lapas sudah sering hari dilakukan Kemenkumham agar Lapas terbebas dari Halinar. Pengawasan ini tidak boleh berhenti. “Ini akan kami lakukan setiap saat,” tegas H.Muslim. Dia meminta pegawai Lapas agar bersikap lebih ketat dalam pengawasan. Pengunjung harus diperiksa secara ketat sebelum masuk demi mencegah masuknya narkoba di dalam Lapas. (p1/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top