Pariwara
Nasional

PLN Pulihkan 7 Gardu Induk di Palu, PNS Mulai Berkantor

Laporan: Marwan Abidin (Wartawan Kendari Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagian wilayah Palu, Donggala, Sigi mulai terang. Sistem kelistrikan di lokasi yang terkena dampak bencana gempa-tsunami tersebut sudah berangsur normal. Semua itu berkat kerja keras tim gabungan PLN yang bekerja tanpa mengenal waktu di lokasi. Gardu-gardu Induk di lokasi gempa sudah banyak diperbaiki dan kembali beroperasi untuk menerangi daerah yang terdampak bencana. PLN juga memasang target agar perbaikan sistem listrik bisa selesai secepat mungkin. Sejauh ini, PLN telah berhasil memulihkan 45 penyulang dan 7 gardu induk. Meski belum semua wilayah mampu diterangi, namun paling tidak “kehidupan malam” di Kota Palu mulai terlihat.

PNS di Palu yang mulai berkantor.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN, Syamsul Huda mengatakan, selain memulihkan listrik, pihaknya juga memperbaiki 1.192 gardu distribusi dari total 2.253 gardu distribusi yang rusak. Keberhasilan PLN berlanjut. Sebanyak 7 Gardu Induk (GI) atau 100 persen GI yang ada di Palu, Donggala dan Sigi, kini telah kembali beroperasi. Kata dia, semua ini tak terlepas dari kerja keras yang dilakukan tim gabungan PLN untuk percepatan pemulihan listrik di Palu, Donggala dan Sigi. Saat ini, PLN tengah berfokus untuk secara bertahap memperbaiki jaringan listrik dan gardu distribusi lainnya yang terhubung langsung dengan pelanggan yang masih rusak.

Terangnya Kota Palu dan sekitarnya disambut bahagia warga. Zaman, salah seorang warga Kelurahan Lere, Kota Palu mengaku sangat bahagia wilayahnya bisa kembali terang. Kalau sebelumnya warga masih takut kembali ke rumah, kini mulai berbondong-bondong. Dirinya bersama keluarga mengucapkan terima kasih atas gerak cepat PLN dan bantuan dari pemerintah, maupun masyarakat Indonesia, termasuk dari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tak hanya listrik mulai pulih, PNS juga telah masuk kantor, Senin (8/10). Apel PNS dilaksanakan di kantor Gubernur Sulteng. Setelah apel, para PNS sudah mengisi daftar absensi secara manual di bagian masing-masing. Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, Moh Hidayat menegaskan, mulai hari ini (kemarin), aktivitas perkantoran harus sudah dimulai. Hari pertama, lanjut dia, ASN sudah mulai beraktivitas di ruang masing-masing. Misalnya mulai dengan membersihkan kantor dan melakukan pendataan serta pelayanan ke masyarakat. Meski terbatas, namun sekira 40 persen PNS berkantor. Mengingat kondisi belum memungkinkan, sehingga Pemprov tak menerapkan sistem sanksi. (*/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top