Pariwara
Nasional

Pencarian Korban Palu Berakhir 11 Oktober

Adwin/KENDARI POS
EVAKUASI: Sejumlah tim relawan saat mengevakuasi korban gempa dan tsunami di sekitar Hotel Roa-Roa, Kota Palu, kemarin. Sesuai SOP, BNPB akan menghentikan pencarian korban sampai 11 Oktober mendatang.

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan pencarian korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) hanya sampai 11 Oktober 2018. Untuk itu, tim SAR gabungan akan memaksimalkan sisa waktu tiga hari ke depan. Informasi itu disampaikan Kepala BNPB, Willem Rampangilei.

Kata dia, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Badan SAR Nasional (Basarnas), pencarian korban hanya berlangsung tujuh hari. Jika dilihat dari hari ini, maka sudah ada penambahan empat hari. Lalu ditambah lagi tiga hari berikutnya hingga Kamis (11/10) mendatang. “Kalau tanggal 11 berarti sudah 14 hari,” ujar Willem Rampangilei di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (8/10).

Pertimbangan lainnnya, lanjut Willem, rentang waktu 14 hari, korban sudah dipastikan meninggal dunia. Jika dapat diselamatkan, maka kondisinya sudah tidak utuh. “Jenazah itu sudah sulit diidentifikasi, sudah rusak,” sebutnya. Tidak hanya itu, faktor lainnya, sehingga penghentian pencarian korban setelah hari ke-14 yakni kondisi jenazah sudah terkubur lama. Parahnya lagi jenazah itu dipastikan telah menularkan penyakit. “Kondisi itu akan membahayakan orang yang hidup,” tegas purnawirawan perwira tinggi TNI AL itu.

Jika pencarian korban tidak dilanjutkan setelah Kamis (11/10) mendatang, sementara masa tanggap darurat bisa diperpanjang. Hal itu tergantung keputusan dari tokoh masyarakat dan pemerintah daerah (pemda) setempat. “Saya minta kepada pemda agar masyarakatnya berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat. Mau diapakan dengan situasi seperti ini. Dari dialog itu nanti masyarakat akan mengusulkan keputusan kepada pemda. Dan pemda yang mengambil keputusan,” pungkas mantan Komandan Satuan Ranjau Koarmatim TNI AL itu. (yes)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top