Pariwara
Muna

Pemkab Muna dan Mubar Raih Penghargaan Kemenkeu

LAODE ALFIN/KENDARI POS
PENGHARGAAN : Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariyah (kedua dari kiri) didampingi Kepala KPPN Raha, Ma’ruf (kiri), menyerahkan penghargaan dari Kemenkeu pada Wakil Bupati Muna, Malik Ditu, (tengah) bersama Sekab, Nurdin Pamone (kedua dari kanan dan Kepala BPKAD, Ari Asis.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dan Muna Barat (Mubar) dianggap berhasil menerapkan reformasi birokrasi. Setidaknya, jika hal itu diukur dari segi pengelolaan keuangan daerah. Penyajian laporan keuangan dua daerah serumpun tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Piagam yang diteken Menkeu itu diserahkan langsung Ririn Kadariyah, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Sultra masing-masing di Raha dan Laworo. Prestasi itu dianggap prestisius mengingat opini wajar tanpa pengecualian (WTP), merupakan hal baru. Pemkab Mubar sudah meraih opini itu sejak 2016 kendati masih berstatus daerah otonomi baru. Sedangkan Muna sendiri harus menanti 57 tahun sebelum meraih predikat tertinggi dalam pelaporan keuangan tersebut.

Kata Ririn, apresiasi diberikan karena pelaporan keuangan sudah memenuhi standar transparansi, kecukupan pengungkapan dan kesesuaian pertanggungjawaban serta realisasi. “Apresiasi untuk Kabupaten Muna yang sudah dua kali mempertahankan opini ini. Termasuk juga Muna Barat walaupun masih baru, tapi sudah maksimal pelaporannya. Saya harap ini dipertahankan,” jelas Ririn, Senin (8/10).

Meski mendapat apresiasi, Pemkab Muna dan Muna Barat juga mendapat sejumlah catatan. Terutama terkait penyelesaian masalah aset yang masih sengketa. Selain itu, Ririn juga menemukan ada sejumlah dinas yang belum melaporkan keuangannya ke Pemkab. Catatan itu harus diperbaiki. Ia melanjutkan, Menteri Keuangan memberi pesan pada daerah yang sudah berhasil meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan agar mempertahankan prestasi itu. Kerja keras birokrasi harus ditingkatkan agar pengelolaan dana negara benar-benar tepat sasaran.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top