Pariwara
Buton Utara

Pemangku Adat Kulisusu Gelar Haroa No Tau di Butur

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
BUDAYA : Pemangku Adat Kulisusu menggelar haroa no tau di Baruga Keraton, Desa Wasalabose, Buton Utara, senin (8/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur pada Tuhan yang telah memberikan rejeki dan keselamatan, Pemangku Adat Kulisusu menggelar “Haroa No Tau” (ritual tahunan) di Baruga Keraton Kulisusu, Desa Wasalabose, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara. Ketua Lembaga Adat Sara Bharata Kulisusu, La Ode Umar M, mengatakan, acara haroa no tau dilihat dari nilai religius merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan dalam mensyukuri nikmat serta berdoa pada Tuhan agar tetap dalam keadaan selamat, aman, dan rejeki masyarakat dimudahkan.

“Haroa no tau, kalu dilihat sepintas ini kegiatan seolah-olah tidak punya makna. Tapi sesungguhnya ada manfaat besar bagi kita, “ujar La Ode Umar, Senin (8/10). Lakino Kulisusu ini menjelaskan, manfaat dari haroa no tau itu dilihat dari sisi nilai sosial kebudayaan, telah diwariskan nenek moyang terdahulu dan harus menjadi milik masyarakat sepanjang zaman. “Ini haroa no tau punya nilai sosial budaya, gotong-royong, persaudaraan, silaturrahim, dan nantinya berujung pada persatuan serta kesatuan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Buton Utara, Harlin Hari, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan warisan leluhur masyarakat Buton Utara yang perlu dipromosikan baik di dalam maupun luar daerah. “Kita bersyukur kagiatan ini terselenggara dengan baik. Mudah-mudahan tahun depan kita coba lebih besar lagi dari pada hari ini. Kemarin kita telah laksanakan Festival Barata Kulisusu. Insya Allah ke depan acara ini kita selenggarakan dalam bentuk festival juga,” katanya. Ia berharap, nantinya kegiatan tersebut bisa masuk kalender pariwisata Republik Indonesia. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top