Pariwara
Kolaka Utara

Hanya Satu Kuota, Tiga Formasi CPNS di Kolut Banyak Peminat

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang telah mendaftar pada sejumlah formasi di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui laman https://sscn.bkn.go.id/, masih terus bertambah. Hingga Senin (8/10), tercatat ada sejumlah posisi baik ketegori guru maupun medis yang dipilih puluhan pelamar, meskipun jatah yang disediakan hanya untuk satu orang.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kolut, Jumadil, mengaku, pihaknya belum bisa memberikan keterangan terbaru terkait update pendaftaran khusus di wilayahnya. “Saya sedang di Makassar ikut rapat. Nanti saya komunikasikan lagi,” ujarnya saat dihubungi. Meski demikian, perkembangan terbaru terkait update pendaftar tersebut bisa terpantau pada kolom pencarian lowongan di situs SSCN BKN. Hasil browsing hingga 6 Oktober 2018 memperlihatkan jika formasi yang banyak dilamar untuk tenaga guru yakni pada jurusan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika jenjang SMPN Satu Atap (Satap).

Untuk pendidik Bahasa Inggris misalnya, di SMP 1 Satap Tanggaru setidaknya terdapat 13 pendaftar, Totallang 16, Lanipa-nipa 12, Tojabi 19 dan SMP 1 Satap Sulaho ada 15 orang. Sementara itu untuk guru Bahasa Indonesia di SMP Satap Tinuna 16 orang, Tinukari 17, Pakue Utara 15 dan SMP 1 Satap Lapasi-pasi 27 pelamar. Adapun jurusan Matematika di SMP 3 Rante Angin 15 serta SMP 1 Batu Putih 22 pelamar. Padahal, dari seluruh sekolah yang ada tersebut masing-masing hanya menyiapkan satu kuota saja.

Untuk jenjang SD, belum semua sekolah yang lowong terisi. Padahal, jika dilihat di beberapa lembaga bahkan ada yang dipilih rata-rata pelamar dua sampai lima pendaftar. Begitu juga dengan jurusan Penjas. Di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kolut baik yang membuka satu atau lebih formasi, tampak ada yang masih kosong, seperti di Dinas Ketahanan Pangan, Perindustrian, Perumahan, Lingkungan Hidup, Pariwisata, Perdagangan, Pertanian hingga RS Djafar Harun.

Meski demikian ada formasi yang dilamar hingga 20 an orang. Menumpuknya beberapa posisi ditengarai karena kedekatan lokasi dengan tempat tinggal pelamar, kesesuaian jurusan hingga ada pula yang memilih karena persoalan fasilitas memadai, tanpa melihat lowongan terlebih dahulu sebelum mendaftar. Buktinya, beberapa jabatan dan formasi yang ada masih kosong sama sekali.

Sesuai mekanisme usai pendaftaran, berkas fisik sudah bisa dikirim ke BKD Kolut via PT Pos untuk diverifikasi. Di kantor Pos simpang empat Lasusua, terlihat sejumlah pelamar hendak mengirim berkasnya. Sayangnya, menurut salah satu karyawan BUMN itu, jaringan internet sedang mengalami gangguan hingga tidak bisa menginput. Akibatnya puluhan amplop berisi berkas menumpuk di meja kerjanya.

“Jika kami dipercaya, yang ingin menitip berkasnya jika jaringan sudah bagus pasti akan diproses. Gangguan ini berlangsung se-Sultra. Tetapi tenang karena khusus pengiriman berkas CPNS ini memang diprioritaskan dan pasti kami kirim secepatnya,” jelasnya pada para pelamar. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top