Pariwara
Edukasi

UHO Siap Tampung Mahasiswa Untad Palu

Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si.,M.Sc.

KENDARIPOS.CO.ID — Gempa dan tsunami yang melanda Palu dan sekitarnya rupanya menimbulkan kerusakan yang sangat parah terhadap sejumlah Infrastruktur pemerintah di Kota Palu. Salah satunya adalah Gedung Universitas Tadulako (Untad) yang luluh lantak diterjang Tsunami. Rusaknya tempat perkuliahan masyarakat Palu itu menyebabkan aktivitas akademik untuk sementara dihentikan tanpa batas waktu. Inilah yang meresahkan mahasiswa yang sedang menutut ilmu kampus tersebut.

Melihat hal itu, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., megeluarkan kebijakan untuk menampung mahasiswa Untad di UHO. “Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, kami siap menampung mahasiswa yang mengungsi di Kendari, tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis,” ujar Zamrun

Lanjutnya, kebijakan ini tidak hanya berlaku di UHO saja, melainkan berlaku di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Melalui keputusan bersama di Majelis Rektor Seluruh Indonesia memutuskan demikian dan masing-masing rektor segera menginstruksikan kepada semua dekan dab ketua jurusan di Fakultas untuk menerima mahasiswa dari Untad.

“Saya sudah panggil dekan-dekan setiap Fakultas dan juga memberikan instruksi kepada mereka, jika ada mahasiswa Untad yang datang melapor di fakultas, diterima,” kata Zamrun, saat melepas Tim Siaga Bencana UHO baru-baru ini.

Sambung dia, untuk kuota penerimaan mahasiswa pasti ada, tetapi pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin semua mahasiswa (Untad) dapat terakomodir untuk diterima kuliah di UHO. “Kalau ada mahasiswa Untad yang mengungsi di Kendari, silahkan melapor saja kepada kami baik melalui Prodi atau Fakultas juga bisa langsung ke Rektorat UHO. Kami tidak kenakan biaya apapun. Mereka cukup melapor saja dan membawa bukti apapun yang menunjukan mereka mahasiswa Untad,” tutur Prof. Zamrun.

Ia menambahkan, sembari menunggu pemulihan infrastruktur di Palu, pihaknya untuk sementara memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkuliah di UHO selama satu semester. “Untuk sementara satu semester dulu. Nanti kami evaluasi dulu perkembangannya. Kalau kondisi pembangunan infrastruktur Untad sudah membaik, maka mereka bisa kembali ke daerahnya,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top