Pariwara
Kolaka Utara

Semua Puskesmas di Kolut Ditarget Terakreditasi

Irham

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dalam kendali teknis Dinas Kesehatan (Dinkes), mengupayakan peningkatan kualitas dalam pelayanan bagi masyarakat. Untuk mendukung proyeksi tersebut, maka hingga tahun 2019 mendatang ditargetkan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bisa memiliki akreditasi.

Kadis Kesehatan Kolut, Irham, mengutarakan, sejak tahun 2016, akreditasi sudah dikantongi Puskesmas Lasusua dan menyusul tiga lainnya di Pakue, Lambai dan Katoi pada tahun 2017. 2018 ini yang kembali menjadi target dan dalam proses penilaian adalah Puskesmas Lapai, Watunohu, Mala-mala, Wawo, Pakue Tengah dan Batu Putih. “Ada empat tingkatan akreditasi yakni dasar, madya, utama dan paripurna. Empat Puskesmas sebelumnya seperti Lambai dan Pakue mengantongi madya,” jelasnya, akhir pekan lalu.

Menurut Irham, akreditasi tersebut merupakan konsep dalam meningkatkan mutu pada sebuah lembaga. Tak hanya itu, pemenuhan akreditasi juga mendongkrak pemberian pelayanan termasuk kinerja staf, pelayanan risiko yang memadai hingga soal ketertiban dan pendokumentasian yang lebih konsisten.

“Bila semua Puskesmas telah mengantongi akreditasi, berarti sudah ada standar yang berlaku. Artinya, ke depan tinggal bagaimana ditingkatkan dari status dasar ke paripurna. Kami yakin bisa mencapai itu karena telah direncanakan dan sedang diupayakan terwujud,” tandas Irham. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top