Pariwara
Metro Kendari

Pemprov Sultra Siapkan Beasiswa untuk Paramedis

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.IDSultra sudah punya banyak kampus yang melahirkan tenaga kesehatan. Itu artinya alumnus perawat, bidan maupun dokter sudah mumpuni. Hanya saja, keluhan akan kurangnya para medis terus datang dari berbagai pelosok Bumi Anoa. Banyak Puskesmas minim tenaga dokter, rumah sakit juga minim tenaga dokter ahli. Kondisi itu sudah lama terjadi dan tak kunjung “tuntas”.

Gubernur Sultra, Ali Mazi membenarkan hal itu. Kata dia, tenaga kesehatan termasuk dokter memang selalu “menjauhi” daerah pelosok untuk memberikan pelayanan. Makanya, dokter hanya tersebar di dalam kota atau di ibu kota kabupaten saja. Padahal idealnya memang satu Puskemas harus memiliki minimal satu dokter umum. “Sebenarnya dengan memiliki 17 kabupaten dan kota maka tenaga kesehatan yang kita butuhkan cukup banyak. Apalagi sudah ada kampus yang menyediakan fakultas kedokteran, akademi keperawatan dan kebidanan,” ungkap Gubernur Ali Mazi, kepada Kendari Pos, Sabtu (6/10).

Untuk menjawab keluhan itu, gubernur sudah menyiapkan strategi khusus. Yakni menyekolahkan paramedis dengan kesepakatan ikhlas ditugaskan di mana saja. “Kita berikan beasiswa tapi kita harapkan mereka mau tugas di daerah. Utamanya DOB. Saya akan berikan mereka beasiswa, kita anggarkan pakai APBD,” tutupnya. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top