Pariwara
Metro Kendari

Pemprov Segera Godok APBD 2019, Wagub Minta Pacu Realisasi APBD-P 2018

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sultra sudah mulai mempersiapkan draf Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Agar penyusunan draf APBD 2019 lebih maksimal, organisasi perangkat daerah (OPD) diminta bergegas merealisasikan program kegiatan yang sudah tertuang dalam APBD Perubahan 2018. Bahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah memberi lampu hijau atas evaluasi APBD Perubahan Pemprov Sultra. Pun DPRD sudah menetapkannya menjadi peraturan daerah.

“Kegiatan APBD perubahan sudah bisa dilakukan. Secepatnya dilelang karena sekarang kita sudah mau susun APBD induk 2019,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas, sabtu (6/10).

Mantan Bupati Konawe dua periode itu mengatakan penyusunan APBD 2019 harus menyesuaikan jadwal sebab akhir tahun 2018 ini banyak kewajiban OPD yang harus dituntaskan. Misalnya implementasi APBD-P 2018, finalisasi APBD induk, dan penyusunan laporan kegiatan tahunan.”Jadi supaya itu dilakukan secara maksimal maka kita sesuai jadwal saja. Oktober ini APBD 2019 sudah harus disiapkan, karena prosesnya panjang,” ungkapnya.

Soal berapa prediksi APBD 2019 itu, mantan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sultra ini mengaku belum tahu persis. Tapi jika bicara ekspektasi maka harus di atas Rp 3,5 triliun, atau lebih besar dari tahun ini. Sebab, banyak visi dan misi Gubernur Sultra yang harus diwujudkan. Hal itu dibenarkan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. Mantan Ketua Nasdem Sultra ini mengatakan pembangunan rumah sakit jantung, perpustakaan bertaraf internasional dan pembenahan jalan pariwisata sudah harus dimulai tahun 2019. “Paling tidak, kita sudah mulai perencanaannya, desainnya seperti apa, itu sudah bisa kita anggarkan 2019,” kata Ali Mazi. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top