Space Iklan
Pariwara
Politik

Jelang Pileg, Sekab Konut Pantau Penggunaan Randis

Sekab Konut, dr H Martaya

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan sosialisasi pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019 mendatang telah dimulai. Nah, memasuki tahapan kampanye, pemerintah kabupaten akan melakukan pemantauan terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat dalam politik praktis termasuk penggunaan kendaraan dinas (Randis) untuk kepentingan politik.

“Dalam waktu dekat, kami akan mengeluarkan surat edaran yang melarang penggunaan randis untuk kegiatan kampanye. Kami juga akan memastikan ASN tidak terlibat kegiatan politik praktis,” tegas dr Martaya, Sekretaris Daerah (Sekda) Konut Minggu (7/10).

Mantan Kadinkes Konut akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memantau keterlibatan ASN dan pengunaan randis. Bila ada yang temukan, jenderal ASN ini mengaku tak akan segan melakukan penarikan randis. Sementara oknum ASN-nya akan dikenakan sanksi.

“Saya mohon Bawaslu membantu kami apabila ada randis yang digunakan oleh parpol atau caleg. Kalau ada laporan dari Bawaslu, kami pasti kan tindaklanjuti. Sebab Randis merupakan aset pemerintah yang tidak boleh digunakan untuk kampanye,” tandasnya.

Surat edaran ini kata dr Martaya, untuk memastikan netralitas ASN. Di sisi lain, parpol dan caleg bisa terhindar dari sanksi. Sebab Pemkab sudah melakukan antisipasi. Jika ada caleg yang sengaja menggunakan fasilitas pemerintah maka akan berimplikasi pada pencalonannya.

“Rugi dia (caleg atau parpol) kalau ketahuan. Makanya, kita lakukan upaya preventif untuk melakukan pencegahan sebelum itu terjadi. Begitupun juga dengan ASN, untuk tidak terlibat politik praktis. Karena bila itu ada laporan yang masuk saya akan tindaki sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” pungkasnya. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top