Pariwara
Kolaka Utara

BUMDes di Kolut Harus Diaudit

Alimus Marzuki

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibentuk, harusnya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayahnya. Hanya saja, keberadaan wadah yang kerap mendapat kucuran anggaran dari dana desa itu, justru dianggap rentan menjadi lahan penyimpangan. Kepala Inspektorat Kolut, Alimus Marzuki, mengatakan, pihaknya sedang berupaya untuk melakukan audit penggunaan anggaran seluruh BUMDes di wilayah kerjanya. Sejauh ini diketahui, ada ada laporan masyarakat menyangkut dana yang dikelola dalam wadah itu dan dianggap tak sesuai tujuannya.

“Kehadiran BUMDes tanpa pengawasan ketat memang menjadi lahan basah bagi oknum yang niatnya bertujuan mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Apalagi kalau buat kegiatan-kegiatan dengan label meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sindirnya. Rutinnya dana mengalir ke BUMDes, namun tak membawa perubahan signifikan bagi lembaga dan masyarakat, tentu menjadi pertanyaan negatif. Makanya, itu alasan Inspektorat melakukan audit setiap anggaran masuk dan keluar selama ini.

“Masyarakat diminta jangan sungkan mengadu ke tim Saber Pungli Kolut demi menyelamatkan anggaran pemerintah yang seharusnya untuk kesejahteraan masyarakat, tetapi malah hanya mengenyangkan oknum-oknum tertentu dengan memperkaya diri,” tandasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top