Space Iklan
Pariwara
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra Tarik Rp 350 Juta Uang Lusuh di Pasaran

Edukasi Masyarakat: Kepala KPw BI Sultra, Minot Purwahono (kiri) menukarkan uang lusuh pada pedagang Pasar Sentral Kendari, Sultra, Sabtu (6/10) lalu. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sultra, Sabtu pagi (6/10) lalu, menarik sebesar Rp 350 juta uang tidak laik edar dari masyarakat di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kendari dan Pasar Sentral Kota Kendari. Uang tidak layak edar yang ditarik adalah uang lusuh atau robek.

Dari dua pasar itu, BI Sultra berhasil menarik uang dengan pecahan Rp 20 ribu sebanyak Rp 200 juta, kemudian uang pecahan Rp 10 ribu sebanyak Rp 100 juta, pecahan Rp 5 ribu sebanyak 60 dan pecahan Rp 2 ribu sebanyak Rp 34 juta serta sepecahan Rp 1.000 sebanyak Rp 4 juta. Untuk uang koin pecahan Rp 500, Rp 200 dan Rp 100 masing-masing sebanyak Rp 1 juta, Rp 800 ribu dan Rp 200 ribu.

Kepala KPw BI Sultra, Minot Purwahono saat memimpin kegiatan ini menjelaskan tujuan pelaksanaan penarikan uang lusuh dalam rangka menarik uang tidak laik edar di masyarakat yang kemudian digantikan dengan uang yang baru sesuai dengan nilai uang yang ditarik. Sementara, uang rusak akan dimusnahkan oleh Bank Indonesia.

“Selain untuk menarik peredaran uang tidak laik edar dari masyarakat sekaligus edukasi bagi mereka agar lebih menjaga dan memperlakukan uang yang baru tersebut dengan baik dan benar sehingga umur uang itu lebih panjang. Jadi kalau uang itu kualitasnya bisa bertahan lama juga akan menghemat pengeluaran negara untuk mencetak uang yang baru,” jelasnya.

Sambung Minot, pihaknya juga sengaja melaksanakan kegiatan ini di TPI dan di Pasar Sentral Mandonga karena kedua tempat itu merupakan lokasi peredaran uang terbanyak di Kendari.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top