Pariwara
Buton Utara

Alsintan Ditarik Distan Butur

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
TARIK : Bantuan Alsintan yang diberikan pada kelompok tani di Butur, disalahgunakan. Diketahui, alat tersebut digunakan untuk menarik dan mengangkut kayu. Pihak Dinas Pertanian langsung mengambil alih bantuan itu.

KENDARIPOS.CO.ID — Bukannya digunakan untuk keperluan pertanian, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) atau jonder yang diberikan pada kelompok tani di Kabupaten Buton Utara (Butur) justru disalahgunakan. Diketahui, alat tersebut digunakan untuk menarik dan mengangkut kayu. Pihak Dinas Pertanian Butur langsung bertindak tegas dengan menarik bantuan Alsintan tersebut. “Jonder yang diberikan untuk salah satu oknum kelompok tani justru digunakan untuk menarik kayu. Bukan untuk keperluan pertanian. Makanya kita tarik. Itu tak dibenarkan,” tegas Kepala Dinas Pertanian Butur, Yusuf.

Ia menambahkan, pengawasan penggunaan alat pertanian yang telah disalurkan di Lipu Tinadeakono Sara, terus diperketat. Jangan sampai, bantuan diproyeksi untuk keperluan pertanian organik tersebut dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

“Pola pemanfaatan bantuan saat ini diubah. Tidak lagi diserahkan sepenuhnya ke kelompok tani. Jadi jika ada yang memerlukan alat pertanian, harus mengajukan proposal. Semuanya diatur Dinas Pertanian,” jelasnya. Mantan Camat Kambowa itu sangat menyayangkan, perilaku petani yang tak taat pada perjanjian. Sanksinya, mereka tak akan mendapat lagi bantuan. “Orang-orang seperti itu akan diblack list,” tandasnya. (b/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top