Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Guru Honorer akan Diberikan SK Gubernur

Ilustrasi Guru

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi Sultra mendapat jatah penerimaan CPNS tahun ini sebanyak 133 orang. Setengah dari kuota itu adalah formasi guru. Meski begitu, penambahan tenaga guru melalui seleksi CPNS itu ternyata dianggap belum memenuhi kebutuhan guru saat ini, khususnya untuk guru sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, H. Damsid mengungkapkan sejumlah mata pelajaran yang dibutuhkan tidak disetujui untuk membuka formasi lebih banyak. “Dari segi jumlah guru belum cukup, guru kesenian dan penjaskes, dan juga guru-guru produktif untuk SMK,” ujarnya, Jumat (5/10).

Menurutnya, ada sekira 30 SMA di Sultra yang hanya memiliki satu guru pegawai negeri sipil (PNS). Sebagian terdistribusi di dalam kota saja. “Alternatifnya, kita inginkan guru-guru mata pelajaran khusus bisa kita dorong ke daerah-daerah yang membutuhkan,” imbuh Damsid.

Alternatif lainnya, memaksimalkan peran guru honorer dengan tetap memperhatikan kesejahteraan mereka. Caranya, setiap guru honorer akan diberikan Surat Keputusan (SK) Gubernur. Sehingga mereka bisa mendapat honor tetap dari APBD. Kondisi itu akan dilaporkan terlebih dulu pada gubernur. “Jadi selain dari dana bantuan operasional sekolah (BOS), para guru honorer juga punya penghasilan tetap yang besarannya akan diatur melalui SK gubernur, ” tambahnya.

Damsid menambahkan jumlah guru honorer saat ini masih diinventarisir, sebab banyak yang mengajar hanya dengan kesepakatan bersama pihak sekolah. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top