Space Iklan
Pariwara
Politik

Validkan DPT, KPUD Konawe Lakukan Pendataan

BUKA POSKO GMPH : Koodinator Divisi Data dan Perencanaan KPU Konawe, Andriansyah Siregar (kanan) bersama staf KPU ketika akan memasang spanduk GMHP di Kantor Sekretarita KPUD Konawe Kamis (4/10). FOTO: HELSON MANDALA PUTERA/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk menyempurnakan data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe terus menjaring warga yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Guna memaksimalkan pendataan, penyelenggaran membuka posko gerakan melindungi hak pemilih (GMPH).

“Posko ini dibuat untuk memastikan hak pilih masyarakat belum sempat terdata dalam DPT,” ujar Koordinator Divisi Data dan Perencanaan KPUD Konawe, Andriansyah Siregar saat dikonfirmasi Kamis (4/10).

Saat ini, KPUD Konawe telah membuka posko di 351 desa/kelurahan. Sejak tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober mendatang, penyelanggar pemilu di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan akan melakukan pendataan. Tidak hanya bagi pemilih yang belum terdata, namun juga melakukan revisi hingga mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

“Jadi, semua laporan menyangkut pemutakhiran data akan ditindaklanjuti. Warga yang belum terdaftar akan diakomodir, pemilih ganda akan dicoret hingga perbaikan data pemilih. Sesuai tahapan, pendataan ini akan berlangsung hingga tanggal 28 Oktober nanti,” ujar Andriansyah

Selama tahapan ini, ia mengimbau masyarakat tetap proaktif melakukan pengecekan DPT dan melaporkan dirinya jika belum terdaftar dalam DPT. Nantinya, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) akan melakukan pendataan.

“Masyarakat harus memastikan hak pilihnya terlindungi, yakni dengan mendatangi kantor desa/kelurahan untuk melihat penguman DPT, atau masyarakat juga dapat mengakses via internet melalui link khusus KPU RI,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top