Space Iklan
Pariwara
Edukasi

SMAN 9 Kendari Wakili Sultra di Ajang Musikalisasi Puisi Nasional

Agus Setiawan/Kendari Pos
SMAN 9: Kepala SMAN 9 Kendari, H. Abdur Rahman, S.Pd., M.Si (ketiga kanan) didampingi Tim pembina, Sirajatin (kiri) foto bersama Tim Musikalisasi SMAN 9 Kendari yang mewakili Sultra pada ajang Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional.

KENDARIPOS.CO.ID — Prestasi kembali diukir siswa-siswi SMAN 9 Kendari. Sekolah yang dipimpinan H. Abdul Rahman ini, berhasil mewakili Sultra pada ajang Musikaisasi Puisi Kantor Bahasa RI yang akan berlangsung di Jakarta, tepatnya Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2018 Mendatang.

Pembina Grub Musikalisasi Puisi SMAN 9 Kendari, Rajatin mengatakan, tahun ini anak asuhnya berhasil mewakili Sultra setelah menyisihkan 23 sekolah pada tingkat SMA/SMK/MA yang ikut serta pada helatan yang berlangsung di Kantor Bahasa Sultra beberapa waktu yang lalu. “Alhamdulillah, ini merupakan prestasi terbaik kami karena sebelumnya. Kami hanya selalu menempati posisi kedua,” ujar Rajatin.

Rajatin menjelaskan, Musikalisasi Puisi adalah genre seni dalam seni pertunjukkan yang merupakan hasil kolaborasi antara penyajian puisi dan musik. Pertunjukan tersebut akan dibawakan oleh sebuah tim yang beranggotakan 3 sampai 6 orang. Khusus di SMAN 9 Kendari, anggota timnya terdiri dari 5 siswa yakni Ifdal Muh. Syaidinal, Cecilia Christiani Oktavia, Dian, Muh. Gleen dan Andi Sulfan Ardiansyah.

“Mereka dituntut untuk menampilkan pertunjukkan yang mengaransemen puisi menjadi sebuah lagu. Dimana lagu tersebut merupakan hasil karya mereka sendiri,” jelasnya

Lanjut dia, nantinya SMAN 9 Kendari akan bertarung di ajang Musikalisasi Puisi tingkat Nasional. Dimana bisa diprediksi pada tingkat itu siswa siswinya akan bersaing dengan siswa lain dari berbagai provinsi di Indonesia. “Ini merupakan tantangan berat bagi kami. Sebab kami harus mempertahankan gelar nasional yang waktu itu berhasil diraih oleh SMAN 1 Kendari,” bebernya.

Ia pun optimis siswa siswinya bisa mempertahankan gelar itu. Karena dirinya sebagai pembina sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan perlombaan. “Kurang lebih satu bulan yang lalu kami sudah intensifkan latihan, mulai dari latihan pada vokal serta sinkronisasi dengan musik dan puisi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 9 Kendari, H. Abdur Rahman, S.Pd., M.Si., mengapresiasi usaha yang dilakukan siswa-siswinya. Menurutnya, mewakili daerah ke tingkat nasional merupakan prestasi yang membanggakan. Terlebih lagi, jika juara nasional. “Kami dari pihak sekolah mendukung penuh apa yang sudah dilakukan siswa siswi ini. Semoga pada lomba ditingkat nasional nanti, mereka bisa juara sehingga mengharumkan nama Sultra di tingkat nasional,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top