Space Iklan
Pariwara
Edukasi

Rektor UHO Kerahkan Tim Siaga Bencana

Agus Setiawan/Kendari Pos
SIAGA: Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M,Si., M.Sc (pakai dasi) didampingi oleh Tim Siaga Bencana UHO sempatkan foto bersama usai pelepasan tim,

KENDARIPOS.CO.ID — Pascabencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng) pekan lalu, mendorong Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M,Si., M.Sc., mengambil langkah khusus dengan mengerahkan Tim Siaga Bencana UHO ke lokasi bencana.

“Saudara kita yang ada di Sulteng sangat membutuhkan bantuan kita. Baik bantuan makanan, pakaian, obat-obatan dan juga tenaga atau tim medis. Oleh karena itu, saya kerahkan tim siaga bencana uho yang memang kita sudah bentuk pasca gempa di Lombok beberapa waktu yang lalu,” ungkap Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun, M,Si., M.Sc., saat melepas secara resmi Tim Siaga Bencana UHO.

Lanjut Zamrun, bantuan yang disalurkan kali ini terbilang cukup besar, mulai dari logistik yang terdiri dari makanan, obat-obatan juga beberapa tim medis dari Fakultas Kedokteran (FK) UHO. “Berhubung kejadiannya di daratan, maka ini jadi kesempatan kita untuk saling berbagi. Kebetulan saya sudah instruksikan kepada seluruh sivitas akademika untuk berpartisipasi dan hasilnya kini siap untuk didistribusikan kepada masyarakat yang ada di Sulteng khususnya lokasi yang menjadi dampak terparah akibat bencana ini, yakni Palu dan Donggala,” terang Prof. Zamrun.

Dia pun berpesan kepada tim yang berangkat dilokasi bencana agar selalu menjaga kekompakan dan menjaga kesehatan. “Bagi tim yang akan berangkat, saya harap tetap menjaga kekompakan dan menjaga nama baik UHO. Lakukan yang terbaik dengan penuh rasa keikhlasan serta yang tak kalah penting menjaga komunikasi dan kordinasi baik dengan tim relawan lain yang ada di lokasi maupun dengan pihak kampus,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Siaga Bencana UHO, dr. Ashaeryanto mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi kemusiaan yang kedua kalinya mereka laksanakan. Dimana sebelumnya, tim telah melaksanakan aksi serupa terhadap korban gempa di Lombok beberapa waktu yang lalu. “Tim ini sengaja dibentuk oleh Rektor UHO, selain karena misi kemanusiaan, juga sebagai bentuk dari tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya. Ia menyebutkan, tim yang akan berangkat ke lokasi bencana alam sebanyak 1 tim yang terdiri dari 1 dokter spesialis anastesi, 5 dokter umum dan sisanya sebanyak 9 orang adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran semester akhir.

“Berhubung lokasi bencana bisa diakses menuju darat, maka kami akan ke lokasi bencana dengan jumlah yang cukup banyak yakni 15 orang, semua lengkap mulai dari dokter anastesi dan dokter umumnya ada. Sengaja kami turun dengan jumlah cukup banyak mengingat saat ini masyarakat khususnya yang ada di Palu dan Donggala sangat membutuhkan bantuan medis,” tutur dr. Ashaeryanto yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III FK UHO itu.

Lanjut dia, sesampainya di lokasi nanti, pihaknya akan mendirikan posko di sekitaran Poso dan Parigi karena kedua daerah itu merupakan titik singgah para relawan yang akan masuk ke Kota Palu. “Itu berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari tim relawan lain yang sudah lebih dulu berada di lokasi bencana. Mereka menginformasikan bahwa akses menuju Palu masih dalam tahap perbaikan, tapi kalau memungkinkan untuk dilewati, kami akan langsung ke Palu,” kata dr. Ashaerynto

Tim Siaga Bencana UHO rencananya melaksanakan misi kemanusiaan ini selama 9 hari. Namun tidak menutup kemungkinan misi kemanusiaan ini akan dilaksanakan kembali. “Pada misi pertama ini kami akan evaluasi dulu hasilnya dan bukan tidak mungkin misi ini akan kita laksanakan secara kontinyu,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top