Pariwara
Konawe Utara

APBD-P 2018 Konut Ditetapkan

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses panjang pembahasan RAPBD-P 2018 pada tingkat badan anggaran (Banggar) dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), akhirnya APBD-P Konawe Utara (Konut), ditetapkan. Persetujuan itu dilakukan di Kantor Penghubung Pemkab Konut di Kota Kendari dan disaksikan langsung unsur pimpinan DPRD Konut, Made Tarubuana yang diserahkan langsung Bupati Konut, Ruksamin.

Dalam kesempatan tersebut, Ruksamin menjelaskan, struktur APBD-P 2018 yang ditetapkan sebesar Rp 775 miliar. Rinciannya meliputi, pendapatan asli daerah (PAD) Rp 19,7 miliar, dana perimbangan Rp 609 miliar dan pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 146 miliar. Sedangkan untuk alokasi belanja daerah sebesar Rp 792 miliar, meliputi belanja tak langsung Rp 360 miliar dan belanja langsung Rp 432 miliar.

Bupati menegaskan, APBD tak hanya berkutat pada besaran angka-angka pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah. “Melainkan harus digunakan semaksimal mungkin untuk pembangunan daerah dan pelayanan pada masyarakat,” tegasnya. Makanya ia mengingatkan agar pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) selaku pengguna anggaran tetap menjaga komitmen serta integritas dalam pelaksanaan APBD. Sehingga apa yang telah diraih dengan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan BPK Perwakilan Sultra dapat dipertahankan.

“Kami minta komitmen dan konsistensi semua pihak dalam penggunaan anggaran serta pertanggungjawabannya. Baik dari unsur birokrasi, legislatif, pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat untuk selalu bertindak sesuai nilai etika, moralitas dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sehingga bermuara pada terselenggaranya seluruh sistem pengendalian intern pemerintah,” paparnya. (min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top