Pariwara
Metro Kendari

Rujukan Online Butuh Sosialisasi Merata

KENDARIPOS.CO.ID — Penerapan sistem rujukan online oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dilihat dari tujuannya memang menawarkan berbagai kemudahan bagi masyarakat. Pasien segera mendapatkan pelayanan tanpa ikut antrian menunggu giliran. Sebab penerbitan semua dokumen yang dibutuhkan hanya melalui satu tahap pemeriksaan. Lalu pasien terdaftar di rumah sakit atau dokter yang dituju.

Hanya saja, masyarakat atau pasien masih tetap “repot” karena pihak yang mengeluarkan rujukan terkadang tidak terkoneksi dengan tujuan rujukan. Pengalaman itu pernah dialami oleh pasien di RS Bahteramas belum lama ini. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra, dr.Zuhuddin Kasim menduga penyebabnya adalah sosialisasi rujukan online yang belum merata. “Inikan program nasional. Jadi memang harus kita dukung. Kalau belum maksimal aplikasinya itu karena baru tahap sosialisasi. Pemahaman belum merata. Kalau soal jaringan tidak terkoneksi, itu karena masalah teknis dan mudah-mudahan bukan karena masalah lain,” ujarnya, Rabu (3/10).

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu menambahkan sesungguhnya rujukan online itu merupakan mekanisme yang disederhanakan. “Maksunya baik, daftar secara online dan sudah ada dokternya. Tak perlu bawa berkas-berkas lagi. Sistem rujukan itu semua ada pada sarana pelayanan, puskesmas, dokter praktek, rumah sakit tipe C ke tipe B atau tipe A. Kita berharap ini semakin mengefektifkan pelayanan. Sekali lagi sosialisasinya harus ditingkatkan,” tuturnya. Selain itu, rujukan online bisa menghindari oknum-oknum yang berpotensi menyalahgunakan rujukan itu. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top