Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Siap Berangkatkan Relawan

As Tamrin

KENDARIPOS.CO.ID — Bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengan (Sulteng) menjadi duka bagi seluruh masyarakat. Tragedi memilukan itu telah menelan ratusan korban jiwa dan diperkirakan masih akan bertambah. Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menjadi salah satu bagian yang merasakan kesedihan atas petaka tersebut. Naluri kemanusian terpanggil untuk membantu meringankan beban para korban. Makanya, Pemkot membentuk tim relawan pertolongan untuk membantu masyarakat Sulteng.

“Kami sangat peduli dengan bencana yang melanda saudara-saudara di Sulteng. Makanya, sebagai bentuk keprihatinan serta rasa persaudaraan, kita ingin membantu meringankan beban mereka dengan membentuk tim relawan dan sementara dipersiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata Wali Kota Baubau, AS Tamrin saat ditemui di kantornya.

Sambil memersiapkan tim relawan, Wali Kota Baubau dua periode itu mengaku, pihaknya terus menghimpun bantuan logistik. Mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, pakaian dan jenis barang lainya. Semua disiapkan untuk selanjutnya dikirim ke tempat bencana bersama tim relawan. “Seluruh SKPD kita libatkan untuk memberikan bantuan sesuai kemampuan. Begitu pula dengan masyarakat yang ingin memberikan sumbangan. BPBD siap menampung dan mengantarkan langsung ke lokasi bencana,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali, mengatakan, pembentukan tim relawan mulai dilakukan. Saat ini telah ada puluhan tim relawan mendaftarkan diri dan siap berangkat. “Awalnya, untuk tim relawan ini hanya kita libatkan pegawai magang di BPBD. Tetapi karena banyak yang ingin menjadi relawan dan mau berangkat, akhirnya kita buka pendaftaran tetapi jumlahnya kita batasi sampai 25 orang saja,” ungkapnya.

Untuk logistik, masyarakat sudah banyak yang mengantarkan ke BPBD. “Insya Allah dalam beberapa hari ini kami sudah berangkat menuju lokasi bencana. Kami siapkan dua mobil untuk kendaraan ke sana. Satu muat logistik, satunya mengangkut relawan,” tutup La Ode Muslimin. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top