Pariwara
Konawe Utara

Pemkab Konut Seleksi 10 Calon Mahasiswa Kedokteran

Lapeha

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten Konawe Utara (Konut) dalam kendali Bupati, Ruksamin punya terobosan baru pada tahun 2019 nanti. Pelajar asal Konut akan dikirim ke Tiongkok untuk menempuh pendidikan kedokteran. Namun sebelumnya, para pelajar tersebut akan diseleksi pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha membenarkan, tahun 2019 mendatang akan ada rencana pengiriman calon mahasiswa kedokteran dengan negara tujuan Tiongkok. “Insya Allah rencananya bulan ini kita mulai lakukan seleksi. Jumlah calon mahasiwa yang akan dikirim nanti sekitar 10 orang,” ujar mantan Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Konut itu.

Lapeha menjelaskan, usai seleksi, maka calon mahasiswa yang terakomodir akan dibekali terlebih dahulu dengan bahasa Mandarin. Ini dilakukan agar para calon mahasiswa bisa memahami bahasa yang ada di negara itu. Sedangkan untuk biaya pendidikan ditanggung Pemkab Konut melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, di luar dari biaya hidup. “Semua ditanggung oleh pemerintah, kecuali biaya hidup. Mulai dari pemberangkatannya, tiket, asrama, biaya pendidikannya,” rincinya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan sebelum dilakukan seleksi, pihak dinas akan terlebih dahulu turun melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah menengah atas yang ada di Konut. Sosialisasi tersebut sekaligus menyampaikan persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa. Dalam perekrutan tersebut, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan mempertegas tak ada intervensi. Pemkab Konut berkomitmen merekrut calon mahasiswa kedokteran yang akan dikirim ke negara Cina itu benar-benar memiliki kualitas. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top