Pariwara
Metro Kendari

Kendari dan Wawonii Diguncang Gempa 3,9 SR, Waspada Sesar Lawanopo

KENDARIPOS.CO.ID — Gempa bumi berkekuatan 3,9 SR mengguncang Kota Kendari dan Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan, Rabu malam (3/10/2018) sekira pukul 21:25 Wita.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi terpusat 50 Km Timur Laut Kendari pada koordinat 3,76 LS – 123.03 BT dengan kedalaman 10 km. Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini akibat aktifitas sesar Lawanopo.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si mengatakan dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II MMI di Kendari dan Pulau Wawoni yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa. “Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh banyak warga, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar,” ujarnya melalui rilis yang diterima Kendari Pos.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi lemah dan sedang (I SIG BMKG / II MMI) di Kendari dan di Wawoni Konawe Kepulauan. “Masyarakat dihimbau tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” tutup Rosa.

Untuk diketahui sesar Lawanopo merupakan sesar utama di Sultra yang membelah wilayah Sultra dari Malili Sulawesi Selatan, Kota Kendari hingga ke Tanjung Toronipa Kabupaten Konawe. Sesar ini bisa menjadi ancaman serius bagi masyarakat Sultra dimana jika terjadi gempa berkekuatan seperti yang terjadi di Palu baru-baru ini. Sesar lawanopo merupakan sesar mendatar ke kiri yang berarah barat tenggara dan memanjang sekira 260 km dari Malili ke toronipa. (imn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top