Space Iklan
Pariwara
Politik

Hasil Pemeriksaan LADK Peserta Pemilu, PKB Terbesar, NasDem Terkecil

KENDARIPOS.CO.ID — Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) peserta Pemilu telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau. Dari hasil pemeriksaan, besaran dana kampanye yang disiapkan partai politik (Parpol) bervariasi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tercatat memiliki dana kampanye terbesar. Sementara Partai NasDem mempunyai LADK terkecil. Partai besutan Surya Paloh ini hanya menyiapkan dana sebesar Rp 200 ribu.

“Untuk di Baubau, partai pemilik dana kampanye paling banyak adalah PKB sebesar Rp 159 juta. Sementara yang paling sedikit adalah partai Nasdem yang hanya sebesar, Rp 200 ribu,” beber La Ode Fridi, Komisioner KPU Kota Baubau saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (3/10).

Saat ini lanjut Koordinator Divisi Hukum, dana kampanye Parpol peserta Pemilu akan dikelola langsung oleh operator khusus. Dananya akan diserahkan kembali ke Parpol untuk dimanfaatkan membiayai proses kampanye masing-masing sesuai ketentuan yang ada.

“Penggunaan dana tersebut tergantung masing-masing Parpol. Apakah dimanfaatkan untuk membuat APK, menggelar pertemuan terbatas atau kampanye melalui media. Karena pada dasarnya anggaran itu untuk biaya kampanye peserta pemilu calon legislatif Kota Baubau 2019,” ucapnya.

Sebelumnya, LADK Parpol telah melakukan perbaikan. Pasalnya, ada beberapa dokumen dana kampanye belum lengkap. Namun setelah diberikan waktu perbaikan, sebanyak 16 Parpol mampu menuntaskannya sebelum tanggal 28 September lalu. Apalagi tidak ada aduan dari masyarakat terkait dana kampanye Parpol dari sumber yang dilarang baik dari pemerintah, BUMN, Pemdes hingga uang hasil korupsi. “Seluruh Parpol telah menyerahkan perbaikanya dan saat ini proses LADK telah tuntas,” pungkasnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top