Pariwara
Muna

Bank BPD Sultra dan Bank Jawa Tengah Setujui Pinjaman Daerah Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Proposal pinjaman dana yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna untuk membiayai sejumlah proyek strategis ke Bank BPD Sultra dan Bank Jawa Tengah dipastikan cair tahun ini. Keyakinan tersebut diungkapkan Bupati Muna, LM. Rusman Emba. Menurutnya, usulan kredit jangka menengah yang diajukan Pemkab senilai Rp 100 miliar tidak disetujui seluruhnya. Pihak Bank hanya mengakomodir Rp 96 miliar. Makanya, Rusman melakukan rasionalisasi belanja infrastruktur dari perencanaan semula, dari 13 proyek menjadi 12 paket saja.

“Empat miliar tidak disetujui. Terpaksa pembenahan pelataran rumah sakit (RSUD Muna) dibatalkan, mungkin akan diakomodir di APBD,” jelasnya. Mantan Ketua DPRD Sultra itu mengungkapkan, proses lelang proyek tuntas dilakukan. Ia pun memastikan pekerjaan fisik 12 proyek strategis yang berasal dari dana pinjaman tersebut akan segera dimulai Oktober ini. Jika tak ada hambatan, dana pinjaman akan terserap 100 persen pada akhir tahun 2018.

“Rata-rata pekerjaan ringan. Bisa diselesaikan sampai Desember,” optimis Muna-1 itu. Untuk diketahui, 12 proyek dari dana pinjaman tersebut adalah penataan drainase Rp 15 miliar, peningkatan jalan Matarawa-Watoputeh Rp 8 miliar, pembukaan jalan Ghonebalano-Laukusi Rp 13 miliar, peningkatan jalan Pokadulu- Motewe Rp 7,5 miliar, pembangunan jalan Liangkabori-Lamburaya Rp 1,5 miliar, peningkatan jalan depan pasar Laino Rp 4 miliar, peningkatan jalan dalam kota Raha Rp 7 miliar, peningkatan jalan Pola-Lambelu Rp 3 miliar.

Selanjutnya pembangunan jaringan perpipaan di Kecamatan Lohia dan Kontunaga sebesar Rp 10 miliar, peningkatan jalan Kecamatan Napabalano Rp 5 miliar, peningkatan jalan Kecamatan Kabangka Rp 2 miliar, pembangunan gedung baru pasar Laino yang menghabiskan dana Rp 20 miliar. Sedangkan proyek yang tidak diakomodir ialah penataan lingkungan RSUD Muna sebesar Rp 4 miliar. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top