Pariwara
Nasional

Angkut Bantuan ke Palu Jadi Prioritas Pesawat Hercules

Pengungsi gempa dan tsunami Palu dan Donggala diangkut dengan Hercules. (Boy Slamet/Jawa Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah membuka pintu dari pihak luar negeri yang ingin menyalurkan bantuan untuk korban gempa tsunami di Kota Palu dan Donggala. Jenis bantuan yang terima difokuskan pada enam hal. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Indonesia hanya membutuhkan enam bentuk bantuan untuk menanggulangi bencana. Di antaranya, transportasi udara, tenda, alat pengolahan air, generator, field hospital, dan fogging.

Semua bantuan itu akan diangkut dengan pesawat Hercules. “Air transportation (hercules c130) menjadi prioritas dari semua bentuk bantuan,” ujarnya saat ditemui di gedung Kemenkominfo, Selasa (2/10). Diketahui saat ini terdapat sekitar 26 negara dan dua organisasi internasional yang menawarkan bantuan. Semua bantuan akan dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sementara penyalurannya akan didampingi BNPB.

“Semua bantuan disampaikan secara tertulis dan diatur Kemenlu. Mereka sanggupnya bantu apa. Kemenlu sudah bertemu dengan para Dubes, sudah disampaikan nanti penyaluran ke lapangan tetap bersama BNPB,” terangnya.

Menteri Kominfo Rudiantara menambahkan, pemerintah mengapresiasi negara-negara tersebut karena telah memperhatikan Indonesia yang tengah dilanda bencana secara berturut-turut. Seperti yang diketahui, sebelumnya gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memakan banyak korban juga menyita perhatian dunia.

“Semua bantuan asing dikoordinasikan kepada Kemenlu, prioritasnya transportasi, karena penting bagi kita. Kita apresiasi yang diberikan kepada negara-negara,” kata dia pada kesempatan yang sama.

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top