Pariwara
Kesehatan

Sering Begadang? Ini Resikonya Jika Anda Kurang Tidur

Foto: Int

KENDARIPOS.CO.DI — Para pekerja yang memiliki jadwal padat atau siswa yang sedang memiliki banyak tugas, umumnya mengalami kurang tidur. Kurang tidur, awalnya, akan berdampak pada kondisi fisik yang menurun. Namun demikian, apabila hal tersebut dibiarkan terjadi terus-menerus, maka akan banyak timbul masalah.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Care2:

1. Masalah Kulit

Cukup lihat di cermin ketika Anda kurang tidur dan sulit untuk tidak melihat perbedaan pada kulit Anda, terutama di wajah Anda. Tidur yang tidak memadai terkait dengan berkurangnya kesehatan kulit, penuaan kulit dini dan penurunan kemampuan untuk pulih setelah paparan sinar matahari. Orang yang tidak cukup tidur juga cenderung lebih tidak puas dengan penampilan mereka daripada orang yang cukup tidur.

2. Turunkan dorongan seksual Anda

Jika Anda menginginkan kehidupan percintaan yang baik, Anda perlu tidur nyenyak. Sebuah studi 2015 menunjukkan bahwa mendapatkan jumlah tidur yang tepat akan menguntungkan dorongan seks seorang wanita.

Sebuah penelitian tahun 2011 menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menurunkan kadar testosteron pria. Dengan hanya tidur selama lima jam, maka tingkat testosteron peserta belajar adalah 10 hingga 15 persen lebih rendah. Testosteron yang tidak mencukupi bisa memengaruhi dorongan seks, konsentrasi, dan tingkat energi, tiga hal yang pasti memengaruhi kehidupan Anda.

3. Memengaruhi kesehatan mental Anda

Kurang tidur bisa memengaruhi suasana hati dan pandangan Anda tentang kehidupan. Anda lebih cenderung mudah tersinggung dan tidak termotivasi. Para peneliti mengatakan itu meningkatkan risiko kecemasan dan depresi Anda.

4. Melumpuhkan ingatan Anda

Sulit untuk fokus ketika Anda lelah dan pikiran Anda mengembara di mana-mana. Penelitian menunjukkan bahwa tidur memengaruhi pembelajaran dan memori. Kurang tidur membuat neuron kita lamban, jadi informasi baru tidak melekat. Juga lebih sulit untuk membuat keputusan yang baik karena kemampuan Anda untuk menilai suatu situasi terganggu.

5. Membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit

Anda mengisi ulang sistem kekebalan Anda saat tidur. Kurang tidur bisa membuat sistem kekebalan Anda lemah, sehingga Anda lebih rentan terhadap virus dan penyakit menular. Mungkin juga butuh waktu lebih lama untuk pulih. (fny/jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top