Pariwara
Buton

Empat Cakades di Buton Gagal Ajukan Gugatan

La Madi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 55 desa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, telah tuntas dihelat pada 21 September 2018 lalu. Tercatat ada empat calon kepala desa (Kades) yang kalah dalam kompetisi demokrasi tersebut dan kini mengajukan nota keberatan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buton, La Madi.

“Empat gugatan itu sementara diproses oleh Pengawas Pilkades tingkat kecamatan,” jelasnya, senin (1/10). Ia menyebutkan empat gugatan yang dilayangkan tersebut masing-masing berasal dari Desa Kabawakole, Kecamatan Pasarwajo, dua desa di Kecamatan Siotapina dan Desa Sribatara di Kecamatan Lasalimu. Materi gugatan kebanyakan mempersoalkan wajib pilih yang ikut mencoblos meski tak terdaftar dalam pemilih tetap (DPT). Termasuk adanya dugaan praktik politik uang sebelum Pilkades.

“Gugatannya paling banyak menyangkut masalah DPT. Jadi daftar pemilih tetap itu mereka gugat karena ada wajib pilih yang tidak terdaftar. Dan ada yang ditangkap warga karena money politik,” ulangnya, menegaskan. La Madi menjelaskan, jika mengacu pada peraturan daerah nomor 8 tahun 2018 dan peraturan bupati nomor 15 tahun 2015, warga yang tak terdaftar dalam DPT, dapat menyalurkan hak pilihnya dengan menggunakan surat suara tambahan dan cadangan. Itu dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan kartu keluarga jika telah berdomisili di daerah setempat selama enam bulan.

Sedangkan terkait dugaan politik uang yang diduga dilakukan oknum Cakades terpilih, diserahkan pada pihak berwajib untuk melakukan pengusutan. “Kita arahkan ke Kepolisian saja. Karena dalam deklarasi damai, telah disepakati. Kami tidak akan mencampuri proses penyelesaian gugatan yang dilayangkan Cakades ke Panwascam,” tandas La Madi. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top