Pariwara
Wakatobi

DPM-PTSP Wakatobi Data Bangunan Tanpa IMB

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Wakatobi terus melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait izin membangun, hingga usaha. Meski saat ini, PAD dinas tersebut telah melampaui target, bukan berarti tak ada lagi peningkatan. Memasuki triwulan keempat ini, instansi tersebut fokus pada pendataan pada pekerjaan konstruksi baru tanpa izin mendirikan bangunan (MB).

Kepala DPM-PTSP Wakatobi, La Aliwangi, mengakui, pihaknya hanya akan fokus untuk mendata bangunan baru yang belum memiliki IMB. Artinya, bagi bangunan lama yang hingga kini belum mengantongi izin tersebut kemungkinan akan diberi dispensasi. “Kita fokus dulu bangunan baru. Alhamdulilah sejauh ini respon masyarakat sudah bagus. Terbukti, pencapaian PAD kita tahun ini melebihi target,” ungkapnya, Senin (1/10/2018).

Ia menambahkan, untuk biaya IMB bagi bangunan lama tak menutup kemungkinan akan dilakukan pemutihan. Namun, pihaknya masih akan mencari solusi tepat sehingga tidak melanggar hukum. “Bisa jadi pemutihan tapi kita harus sesuaikan dengan regulasi. Kalau misalnya dibolehkan, maka kemungkinan buisa,” sambungnya. Kendati demiakian, pihaknya tetap optimis hal ini tidak akan terlalu berdampak buruk. Apalagi, PAD lembaga yang dipimpinnya hampir setahun ini telah melampaui proyeksi awal.

“PAD kita tahun ini sudah sebesar 167 persen. Artinya, angka ini masih akan terus bertambah mengingat masih ada waktu tiga bulan lagi,” harapnya. Sekadar diketahui, target PAD DPM-PTSP Wakatobi tahun 2018 sebesar Rp 385 juta. Namun, memasuki bulan September lalu, pencapaian dinas ini telah mencapai Rp 644 juta. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top