Space Iklan
Pariwara
Edukasi

Tingkatkan Kreativitas, FHIL Latih Mahasiswa Menulis Proposal

FHIL for Kendari Pos
Pemateri, panitia bersama peserta pelatihan menulis proposal yang juga mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 42 mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti pelatihan menulis proposal dalam rangka persiapan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang berlangsung di Aula FHIL UHO. Kegiatan yang mengusung tema meningkatkan kreativitas, kualitas, dan profesionalitas mahasiswa kehutanan dalam penulisan proposal ini diinisiasi oleh Jurusan Kehutanan dan Asosiasi Mikoriza Indonesia yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Hj. Husna Faad, M.P.

Dalam sambutannya mengatakan untuk bisa lolos pada ajang Pimnas mahasiswa harus meningkatkan kualitas proposal yang dibuatnya, entah itu dari sistematika penulisan maupun kualitas isi atau konteks dari proposal yang dibuatnya. “Motivasi dari pembimbing juga penting, agar mahasiswa bisa terdorong untuk fokus menyiapkan proposal penelitian dan program kreativitas mahasiswa pada ajang Pimnas selanjutnya,” ujarnya.

Prof. Husna mengungkapkan, tahun ini FHIL berhasil meloloskan sebanya enam proposal yang didanai Dikti dan menariknya lagi dari enam proposal tersebut, satu diantaranya berhasil lolos pada ajang Pimnas yang berlansung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) beberapa waktu yang lalu. Meski tidak juara, dirinya tetap bangga karena FHIL merupakan salah satu Fakultas dengan penyumbang judul terbanyak di UHO.

“Alhamdulillah, satu proposal mahasiswa FHIL yang lolos ini adalah anak bimbingan saya. Ini adalah sejarah mahasiswa Kehutanan lolos di Pimnas. Saya berharap dengan prestasi ini dapat memicu motivasi mahasiswa untuk terus berinovasi sesuai disiplin ilmu mereka. Caranya, salah satunya adalah melalui pelatihan ini, kemampuan penulisan proposal penelitian mahasiswa kita bisa lebih baik lagi, sehingga tahun depan jumlah judul yang lolos bisa lebih banyak dan potensi untuk juara bisa lebih besar,” harap Prof. Husna.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Jurusan Kehutanan FHIL UHO, Zulkarnain, S.Hut., M.Si mengungkapkan rasa syukurnya karena kegiatan pelatihan semacam ini sudah kedua kalinya dilaksanakan pihaknya. Terbukti, sejak pelaksanaanya tahun lalu, FHIL berhasil meloloskan proposal pada ajang Pimnas. “Saya berterima kasih karena forum ini dapat menjadi forum untuk penyaluran energi positif dan kreativitas mahasiswa jurusan kehutanan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO. Semoga pelatihan ini dapat menghasilkan proposal penelitian untuk tugas akhir dan proposal PKM, bahkan bisa menghasilkan proposal yang bisa tembus Pimnas,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam upaya meningkatkan kreativitas, kreativitas dan profesionalitas dalam penulisan proposal mahasiswa, Pihak FHIL menyiapkan langsung ahli proposal yang kesemuanya merupakan dosen UHO yakni diantaranya Dr. Ahmad Zaeni, Dr. Faisal Danu Tuheteru, Asrianti Arif, M.Si dan Albasri, MP. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top