Pariwara
Muna

Rusman dan Ridwan Panen Padi di Muna

LAODE ALFIN/KENDARI POS
PANEN : Bupati Muna, LM. Rusman Emba (kanan) bersama anggota DPR RI, Ridwan, saat melakukan panen padi di Desa Kontukowuna.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna, LM. Rusman Emba melakukan panen padi perdana di Kontukowuna. Acara itu ikut dihadiri Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan, BAE. Dalam panen padi itu, bupati mencanangkan target swasembada beras dua tahun ke depan. Kata Rusman, sektor pertanian akan menjadi fokus pemerintahannya. Khusus beras sebagai pangan pokok, diakuinya masih banyak dipasok dari luar daerah. Hal itu yang memotivasi target swasembada harus tercapai. “Saya bahagia sekali melihat hamparan sawah seperti ini, apalagi jarang ditemui di Muna. Ini tentu menjadi tonggak kebangkitan pertanian Muna. Ke depan kita harus mandiri,” akunya, akhir pekan lalu.

Untuk mewujudkan swasembada tersebut, Rusman berjanji memperhatikan kebutuhan petani. Baik irigasi maupun peralatan pertanian akan dianggarkan dalam APBD 2019 mendatang. Ia juga menargetkan penambahan luas lahan sawah sekitar 1000 hektare lagi. “Apalagi sawah ini inisiatif warga. Bupati dan kepala dinas sangat siap mendukung,” sambungnya. Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikurtura dan Perkebunan, Anwar Agigi, menjelaskan, panen padi baru dilakukan pada sawah seluas 25 hektare. Khusus di Kontukowuna, lahan cadangan mencapai 150 hektare. Sementara untuk potensi Kabupaten Muna, dengan total luas sawah 3.010 hektare. Hanya saja, 1.082 hektare masih berstatus lahan kering tanpa irigasi.

Jumlah itu diakui, belum ideal. Hitungannya, dengan penduduk 216.000 jiwa, Muna harusnya punya minimal 4.000 hektare sawah. Dengan asumsi panen mencapai tiga ton per hektare. “Makanya ini perlu ditambah supaya target swasembada tercapai,” paparnya. Niat Pemkab Muna, diamini Ridwan. Sebagai mantan Bupati Muna dua periode, ia berjanji mendukung pengembangan pertanian di bekas otoritanya. Kendati berada di komisi yang tidak secara langsung membidangi pertanian, Ridwan mengaku akan memanfaatkan koneksinya dalam memuluskan bantuan sarana pertanian di Muna.

Salah satu yang dijanjikan adalah irigasi dan alat tanam dan alat panen padi. “Buat saja proposalnya, nanti saya lobikan dalam APBN 2019. Rincikan permintaan petani seperti hand traktor dan irigasi, nanti diupayakan,” janjinya. Secara simbolis, Rusman dan Ridwan kemudian memotong padi sebagai tanda panen dimulai. Keduanya juga menjajal alat panen modern. Dalam kesempatan itu, hadir pula Sekretaris Kabupaten, Nurdin Pamone dan Anggota DPRD Muna, La Ode Saera. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top