Pariwara
Kolaka

Perusahaan Tambang Jangan Abaikan Keselamatan Warga di Kolaka

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
MEMBAHAYAKAN : Truk pengangkut material yang beroperasi di Desa Pesouha mengalami patah as sehingga bannya lepas. Kejadian itu membuat arus lalu lintas terhambat.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas pengangkutan material tambang di Desa Pesouha, Kecamatan Pomalaa, semakin meresahkan masyarakat dan pengguna jalan. Pasalnya, pengemudi truk perusahaan yang mengangkut material tersebut kerap ugal-ugalan dan membahayakan keselamatan pengguna jalan lain. Terbaru, Minggu (30/9) dini hari. Salah satu as kendaraan truk dumping yang mengangkut material, patah saat sedang melaju di jalan poros. Akibatnya, ban kendaraan tersebut terlepas. Untung saja, kejadian itu tak menelan korban jiwa. Hanya saja, kendaraan pengangkut material tersebut menghambat pengguna jalan lain karena posisinya berada tepat di tengah. Sebagian muatannya juga tumpah di jalan.

Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Rusman, memperlihatkan kekesalannya pada pihak manajemen perusahaan yang sering kali mengabaikan keselamatan masyarakat sekitar dan pengguna jalan lainnya saat beroperasi. Padahal, kata dia perusahaan tersebut melintasi akses umum, bukan jalan produksi. Selain itu, legislator Partai Demokrat ini juga menyayangkan ketidaktegasan pihak Dinas Perhubungan Kolaka yang kurang maksimal melakukan pengawasan. “Seharusnya ada Dinas Perhubungan atau aparat keamanan yang mengawasi kalau truk angkutan perusahaan itu sedang beroperasi. Supaya bisa ditegur jika beraktivitas tak sesuai dengan aturan,” pintanya.

Untuk menghindari kejadian yang berakibat lebih fatal, Rusman meminta para perusahaan tambang yang beroperasi di Desa Posouha selalu mengecek kelaikan kendaraan pengangkut material sebelum dioperasikan. “Jangan hanya kejar keuntungan, tapi perhatikan juga keselamatan kerja. Minimal sebelum beroperasi harus memperhatikan kondisi kendaraannya. Apakah layak atau tidak beroperasi,” sindirnya. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top