Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Kumpulkan Forkompimda, Prioritas Pakaian dan Makanan, Gubernur Sultra Kirim Bantuan ke Sulteng

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Bencana gempa bumi dan tsunami yang mengguncang sejumlah daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9) lalu, masih menyisahkan duka mendalam. Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sudah 834 orang meninggal dunia. Ditambah lagi kerusakan fisik yang ditaksir sampai miliaran rupiah. Sebagai bentuk simpati, Gubernur Sultra Ali Mazi bakal mengirimkan bantuan ke lokasi bencana. Kepastian itu terungkap, saat menggelar rapat koordinasi bersama pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) di ruang pola Kantor Gubernur Sultra, Minggu sore (30/9). Hadir dalam pertemuan itu, Wagub Sultra Lukman Abunawas, Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto, Danrem Dedi Nurhadiman, Danlanal, Kepala BPBD Sultra Boy Ihwansyah dan lainnya. “Kita akan kirim bantuan ke Sulteng yang terdampak bencana,” ujar Ali Mazi usai pertemuan.

Penyaluran bantuan itu, lanjut dia, sesuai juga dengan instruksi Mendagri, Tjahjo Kumolo. Makanya, usai mendapat telegram, langsung mengundang rapat forkompimda dan pihak terkait. “Kita harus memberi bantuan. Segala macam bantuan yang kita bisa. Mulai dari relawan, sembako, tenda-tenda, obat-obatan, dapur umum dan lainnya. Saya kira itu bisa kita kirim ke sana,” jelasnya.

Suami Agista Ariyani menambahkan, dirinya sengaja mengundang Kapolda, Danrem, Danlanal dan unsur forkompimda lainnya agar pengiriman bantuan bisa terkoordinasi dengan baik. Sehingga, baik titik bantuan maupun jenis bantuan tepat sasaran. “Sampai disana, tim nanti akan berada dibawah satu komando BNPB. Kita harus siapkan di sana posko Sultra supaya bisa ada wadah koordinasi. Termasuk jika ada keluarga atau kerabat yang ingin memberikan informasi. Karena di sana jaringan sulit,” terangnya.

Ali Mazi mengintruksikan semua bupati dan wali kota se-Sultra juga mengirimkan bantuannya di Palu, Donggala dan Mamuju. Dia pun mengingatkan pemerintah memprioritaskan bantuan barang berbentuk pakaian dan makanan. “Kalau uang tidak perlu kumpulkan di sini, langsung saja di rekening di Palu,” imbaunya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top