Pariwara
Wakatobi

Kades di Wakatobi Harus Proaktif Dukung Event Pulau

H. Arhawi, SE

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh kepala desa (Kades) di Kabupaten Wakatobi diminta selalu proaktif. Penegasan itu disampaikan Bupati, H. Arhawi. Sebab, meski dipilih langsung oleh rakyat, bukan berarti Kades bisa menjalankan tugas tanpa koordinasi dengan pemerintah daerah. Bagi Arhawi, salah satu hal yang menjadi catatan penting untuk para Kades adalah, selalu mendukung pemerintah. Serta menjadi bagian dalam setiap agenda event yang dilaksanakan pada masing-masing pulau setiap tahun. “Agar agenda event yang akan berlangsung di tiap-tiap pulau tersebut berjalan lancar dan sesuai harapan. Karena ini telah menjadi tugas kita bersama. Saya meminta seluruh kepala desa agar proaktif terhadap tugas-tugas pemerintahan terutama pada kegiatan festival pulau yang kita laksanakan setiap tahunnya,” tegas Wakatobi-1 tersebut.

Arhawi menambahkan, tugas kepala desa tidak sama dengan seorang bupati yang harus berusaha mendapatkan anggaran dari pusat agar masuk ke daerah. “Tapi kepala desa cukup mengelola keuangan APBDes dengan baik yang bersumber dari APBN dan APBD setiap tahun,” tambahnya. Ia juga menjelaskan, akan lebih baik jika para kepala desa ini bisa berkoordinasi dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga berbagai usulan program yang telah direncanakan masing-masing desa namun belum diakomodir melalui APBDes, bisa dibahas di pemerintahan.

“Agar apa yang sudah direncanakan ini bisa kita realisasikan melalui APBD. Itu jika APBDes belum mampu mengakomodir hal ini,” pungkasnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top