Space Iklan
Pariwara
Nasional

Jadi Jurkam Jokowi – Ma’ruf Amin, Mendagri Cuti

Tjahyo Kumolo

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menjadi salah satu menteri yang namanya ikut masuk dalam jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Nama Tjahjo ditemukan dalam dokumen “Nama Pelaksana Kampanye Tingkat Nasional Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019” yang tersedia di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain Tjahjo, ada juga nama-nama menteri lainnya seperti, Menko Polhukam (Wiranto), Menko PMK (Puan Maharani), Menkumham (Yasonna Laoly), Menteri Sosial (Agus Gumiwang), Menteri Desa dan PDTT (Eko Putro Sandjojo), Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), Menteri Tenaga Kerja (Hanif Dhakiri. Menteri Koperasi dan UMKM (AAGN Puspayoga), Menteri PANRB (Syafruddin), Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono), Menpora (Imam Nahrawi), Menteri Agraria dan Tata Ruang (Sofyan Djalil), Menteri LHK (Siti Nurbaya) dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Triawan Munaf). Mereka akan dipimpin oleh Ketua Tim Kampaye, Erick Tohir.

Menanggapi itu, Tjahjo Kumolo mengaku bukan suatu hal yang baru jika dirinya ditunjuk menjadi salah satu tim kampanye di Pilpres. Pasalnya, sebelumnya juga ia pernah terlibat langsung dalam peristiwa yang sama ketika Joko Widodo berpasangan dengan Jusuf Kalla pada Pilpres lima tahun yang lalu. Bahkan, saat itu Tjahjo didaulat sebagai Ketua Tim Kampanye Jokowi-JK. “Saya sudah dapat info bahwa nama saya masuk sebagai Jurkam Tim Sukses Capres No 1. Bagi saya bukan kejutan karena saya pernah sebagai Jurkam dan Ketua Tim Sukses Capres Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla,” kata Tjahjo Kumolo, Minggu (30/9).

Meski ditunjuk jadi tim kampanye, Tjahjo mengaku meski diberi tanggungjawab moral harus ikut kampanye, ia bisa memilah tugas-tugasnya sebagai Mendagri. “Tanggung jawab moral saya sebagai pribadi harus ikut Kampanye untuk Pak Jokowi dan Pak KH Mar’uf Amin. Saya bisa memilah saat tugas sebagai JurKam dan Tugas saya sebagai Mendagri,” tambahnya. Dikarenakan statusnya sebagai Mendagri, tentu ia akan diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan masyarakat. Tjahjo menegaskan akan melepas semua atribut-atribut yang melekat pada dirinya sebagai seorang pejabat negara saat menjalankan tugas sebagai Jurkam. “Bawaslu, media dan masyarakat pasti ikut mengawasi tugas saya. Saya jamin saat tugas kampanye tidak membawa atribut, fasilitas dan protokol sebagai Mendagri serta membawa staf Kemendagri dan pasti sebelumnya saya mengajukan cuti resmi,” tukasnya. (hrm/fin)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top