Pariwara
Bombana

363 Guru Honorer K2 di Bombana tak Bisa Tes CPNS

Rusman Idja

KENDARIPOS.CO.ID — Pengabdian panjang menjadi guru honorer kategori dua (K2) di Kabupaten Bombana tak menjadi jaminan dapat menyandang status pegawai negeri sipil (PNS). Di Kabupaten Bombana, ada 363 guru honorer K2 dipastikan tak dapat mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 ini. Itu karena, usia mereka telah lebih dari 35 tahun, sesuai batas ketentuan penerimaan CPNS.

Pupusnya harapan 363 guru honorer K2 menjadi abdi negara definitif itu disampaikan langsung Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Rusman Idja. “Ya, ini sudah ketentuan dari pemerintah pusat. Kmi di daerah tidak bisa apa-apa,” argumennya, akhir pekan lalu. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Bombana itu memaparkan, dari 1.135 tenaga honorer K2 di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, 397 orang diantaranya merupakan guru dan 738 bertugas di instansi kesehatan, bagian administrasi serta teknis.

Sayangnya, dari jumlah guru K2 itu, hanya 34 orang saja yang memenuhi syarat batas usia untuk bisa mendaftar dalam seleksi kali ini. “Artinya, ada 363 orang yang berada di usia 35 tahun ke atas. Sementara untuk tenaga kesehatan, honorer yang ada tersisa satu orang. Kalau sudah begitu, otomatis dia sudah berpeluang besar untuk lulus,” katanya.

34 guru honorer K2 yang dipastikan dapat mengikuti tes CPNS juga tidak dijamin lolos ujian. Sebab sistem tes diberlakukan sama seperti pelamar CPNS lainnya. “Biar bisa ikut, ya harus belajar baik-baik. Karena tidak ada yang bisa jamin. Sekali lagi kami tak bisa berbuat banyak karena hanya menjalankan regulasi yang ada sesuai kebijakan KemenPAN-RB,” ulang Rusman, menegaskan. (kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top