Pariwara
Buton

Pelayanan Pasien Umum dan BPJS di Buton Harus Sama !

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah menjadi rahasia umum, jika ada perlakuan berbeda yang kadang diterima masyarakat saat hendak mendapat pelayanan kesehatan dari paramedis. Tak jarang, ada diskriminasi antara respon pada pasien umum dan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton, kondisi serupa menjadi pembahasan.

Namun Direktur Utama RSUD Buton, dr. Ramli Code menegaskan, pihaknya menjamin tak ada perbedaan dalam penanganan pasien, terlebih peserta BPJS. Sebab menurutnya, sebanyak 90 persen warga di Kabupaten Buton justru merupakan pemegang kartu BPJS. Dengan begitu, pihaknya mendapatkan pemasukan dana lebih banyak dari peserta BPJS.

“Hanya 10 persen saja dari pasien umum. Masa kita mau korbankan yang bayar kita 90 persen dan mengutamakan 10 persen. Itu tidak benar. Jadi tidak ada perbedaan dalam pelayanan antara pasien BPJS dan non BPJS,” jamin Ramli Code. Ia mengaku, justru pihaknya lebih memperhatikan pemegang kartu BPJS, meski tidak mengabaikan pasien umum. Sebab, pemasukan terbesar RSUD justru dari pasien BPJS.

“Kalau tidak perhatikan pasien BPJS, kita tidak bisa apa-apa. Karena yang membayar kita 90 persen BPJS. Misalnya penghasilan kita Rp 1 juta, Rp 900 ribunya itu dari BPJS, masa yang 900 ribu kita abaikan untuk mendapat Rp 100 ribu dari pasien umum, misalnya,” ulangnya memberi gambaran. Ramli Code menjelaskan, fasilitas kamar bagi pasien BPJS di RSUD Buton mayoritas kelas III sekitar 90 persen, hanya pegawai golongan IV yang mendapatkan fasilitas kamar kelas I. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top