Pariwara
Konawe Selatan

Konsel Masuk Program Nasional Desa Terang

KAMALUDDIN/KENDARI POS
DESA TERANG : Wabup Konsel Arsalim Arifin (kedua dari kiri) saat menerima plakat pencanangan Desa Terang dari Gubernur Sultra, Ali Mazi (kedua dari kanan).

KENDARIPOS.CO.ID — Konawe Selatan (Konsel) menjadi salah satu kabupaten dari enam wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk dalam program nasional Desa Terang. Penunjukan tersebut sesuai rekomendasi Koperasi Jasa Gerakan Nelayan Tani Indonesia yang berada dalam koordinasi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI.

Program itu snediri merupakan hasil tindak lanjut pertemuan 108 bupati di Indonesia untuk sosialisasi dan pemetaan integrasi program KUR dan Desa Terang tahun 2018/2019 yang menggabungkan kekuatan petani, nelayan dan kelompok dalam bentuk Koperasi Produksi Digital Modern melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, mengapresiasi dan bersyukur atas masuknya daerah dalam program tersebut. “Itu tentu membantu meringankan beban pemerintah kabupaten dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, utamanya di daerah-daerah pelosok dan terpencil. Sekaligus meringankan beban hidup masyarakat kita yang kurang beruntung, khususnya dari latar belakang petani dan nelayan,” ungkap Arsalim.

Ia mengaku, program tersebut sejalan juga rencana kerja Pemkab dalam upaya mengaliri dan menerangi seluruh desa di Konsel dengan instalasi listrik berbiaya murah namun berkualitas. Sebab itu merupakan salah satu langkah nyata untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat. Usai pencanangan, pihaknya akan menggelar pertemuan dengan pihak terkait untuk memetakan desa-desa mana yang menjadi prioritas program ini.

“Sekaligus kita akan pantau dan awasi program ini dengan melibatkan pihak berwajib agar tidak dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab. Sehingga program ini tepat sasaran dan berjalan baik serta member dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkas Arsalim. Sementara itu Ketua TP- PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, juga mengungkapkan syukur atas ditunjuknya kabupaten tersebut sebagai salah satu prioritas Desa terang.

“Dengan adanya listrik, sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga di desa. Karena bisa menambah dan mengembangkan wawasannya melalui tontonan di TV bagi yang mampu memilikinya. Tentu dengan melihat siaran yang positif dan membangun. Nantinya mereka tidak memandang teknologi sebagai hal aneh dan tabu. Contohnya ilmu kuliner, meubel, cara bercocok tanam yang benar atau industri rumah tangga lainnya,” ungkapnya.

Istri Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga itu menambahkan, dengan program Desa Terang, perempuan di desa bisa membantu meningkatkan kemampuan dan kreatifitasnya dengan mengembangkan segala potensi yang ada.

Untuk diketahui, tahap pertama program ini akan dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan, Bombana, Konawe, Konawe Kepulauan, Buton dan Kolaka. Program tersebut mulai dilaksanakan pada Oktober 2018 hingga Februari 2019 dengan besaran anggaran hingga Rp 30 miliar. Alokasi dana tersebut berasal dari dana CSR perusahaan dalam dan luar negeri. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top