Space Iklan
Pariwara
Bombana

Dekranasda Bombana Pamerkan Tenun Moronene

DEKRANASDA BOMBANA FOR KENDARI POS
TENUN : Ketua Dekranasda Bombana, Andi Nirwana (ketiga dari kanan) saat menghadiri kegiatan Dekranas di Jakarta sekaligus memamerkan tenuna khas daerah.

KENDARIPOS.CO.ID — Ragam kreasi tenun khas Kabupaten Bombana dipamerkan dalam event yang dihelat Nasional (Dekranas) di aula Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI. Pameran yang telah berlangsung sejak Kamis (28/9) lalu itu dibuka Ketua Dekranas RI, Mufidah Jusuf Kalla dan berakhir Minggu (30/9). Mufidah mengapresiasi produk yang ditampilkan perwakilan Dekranas daerah. Menurutnya, produk yang dipamerkan tersebut menggali dan mengusung kekayaan budaya serta kearifan lokal setiap daerah.

Kebudayaan lokal nusantara sangat bervariatif sehingga patut diperhatikan sebagai identitas nasional. Namun begitu, jangan sampai mengekang kreativitas. Setiap daerah harus mampu berinovasi mengembangkan produknya menuju kriya nusantara berkualitas. “Industri kreatif lokal bagus untuk meningkatkan daya saing produk kebudayaan, sehingga diminati dan memiliki daya saing,” ujar Mufidah.

Sementara itu Dekranasda Kabupaten Bombana, Andi Nirwana, mengaku, pada pameran kali ini, pihaknya menampilkan keindahan tenun dari Negeri Munajah tersebut. Tenun khas itu diantaranya dari suku Moronene. Motif sosoronga kata Andi Nirwana terinspirasi dari aneka tanaman khas yang tumbuh di daerah tersebut. “Kami dari Dekranasda Bombana hadir dengan mengenalkan motif Sosoronga yang telah kami kembangkan sejak beberapa tahun lalu,” kata Andi Nirwana.

Ia mengakui, perlu pengembangan motif dan meningkatkan kualitas tenun dengan memenuhi bahan dasar penenun itu sendiri seperti benang dan pewarnaan. Agar produk yang dihasilkan dapat bersaing pada level nasional, bahkan internasional. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top