Pariwara
Nasional

Pemerintah Perpanjang Imunisasi MR Sampai 31 Oktober

VAKSINASI: Andra Dzaki, seorang murid Sekolah Dasar di Kendari disuntik vaksin MR saat pencanangan kampanye Measles Rubella Provinsi Sultra, di SMPN 15 Kendari, belum lama ini. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Target semula dari pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi measles-rubella (MR) alias campak atau campak jerman akan tuntas berakhir pada 30 September. Namun harapan itu belum tercapai, karena ada sejumlah daerah partipasinya sangat rendah. Atas kondisi itu pemerintah memutuskan memperpanjang imunisasi MR hingga 31 Oktober.

Mendekati pengujung September, beberapa instansi pemerintah pusat menggelar rapat di Banda Aceh pada Rabu (26/9). Rapat yang membahas nasib vaksinasi MR itu, antara lain, diikuti Pemprov Aceh, MUI Provinsi Aceh, Komisi Fatwa MUI Pusat, Kemenkes, Kemendagri, Kantor Staf Kepresidenan (KSP), serta perwakilan dari PT Biofarma.

Dalam pertemuan terungkap bahwa capaian vaksinasi MR terendah ada di Aceh. Di provinsi berjuluk Serambi Makkah itu baru ada 112.602 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun yang sudah divaksin. Angka tersebut setara dengan 7,28 persen dari total target vaksinasi MR di Provinsi Aceh. Secara nasional, cakupan vaksinasi MR saat ini masih jauh dari target. Pemerintah menetapkan target di angka 95 persen. Namun, capaian terkini baru 56,15 persen. Artinya, itu baru sekitar 17 juta anak dari target 31,9 juta anak.

Tidak bisa dimungkiri, rendahnya capaian vaksinasi MR di sejumlah daerah dipicu adanya pernyataan dari MUI bahwa vaksin tersebut haram. Padahal, MUI telah mengeluarkan Fatwa Nomor 33/2018. Isinya menegaskan bahwa penggunaan vaksin MR produk dari Serum Institute of India (SII) saat ini diperbolehkan atau mubah.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top