Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Payung Hukum Layanan Digital Banking Mudahkan Transaksi

OJK

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan payung hukum bagi bank yang memberikan layanan perbankan digital tanpa harus datang ke kantor cabang bank. Langkah itu membuat keinginan bertraksaksi online kini semakin mudah.

Saat ini, 80 di antara 114 bank menyelenggarakan transaksi e-banking. Dua di antaranya sudah menggelar digital banking. Yaitu, BTPN dan DBS. Dua bank tersebut memperbolehkan calon nasabah membuka rekening hanya dengan menggunakan ponsel.

Sebelumnya, pembukaan rekening dengan metode seperti itu terbentur aturan yang mengharuskan proses identifikasi nasabah atau know your customer (KYC). KYC harus dilakukan dengan tatap muka. Selain itu, juga ada penyerahan data calon nasabah seperti KTP.

Artinya, calon nasabah harus datang ke kantor cabang bank untuk membuka rekening. Dengan aturan baru, yakni POJK No 12/POJK.03/2018 tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum, KYC dapat dilakukan secara cepat dan dengan beragam metode biometrik. Misalnya, mengunggah foto KTP, scan (memindai) wajah, sidik jari, atau retina mata calon nasabah.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top