Pariwara
HEADLINE NEWS

LADK PKS Terbanyak Sebesar Rp 685 Juta, Dua Parpol Hanya Setor Rp 100 Ribu

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), hanya menyetor Rp 100 ribu sebagai dana awal kampanye. Sementara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) paling besar dana yang dilaporkan, yakni Rp 685 juta. Data laporan awal dana kampanye (LADK) sudah dikantongi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra. Lengkapnya lihat grafis.

Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani mengungkapkan, berapapun dana awal kampanye yang dilaporkan partai politik tidak masalah. Sebab, itu hanya saldo awal saja. “Dari aspek persyaratan sudah memenuhi. Tidak masalah berarapun jumlahnya,” ungkap Ade Suerani, Jumat (28/9).

Nantinya, lanjut mantan Komisioner KPU Kota Kendari ini, masih ada tahapan selanjutnya, yakni saat pelaksanaan kampanye harus melaporkan penerimaan sumbangan kampanye. Namanya, Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) pada Januari 2019 nanti. “Jadi, setiap kampanye dalam satu hari kegiatannya dicatat dan dilaporkan. Termasuk sumbangan dari perseorangan maupun kelompok harus disampaikan,” jelasnya.

Sesuai aturan, kata dia, sumbangan perseorangan maksimal Rp 2,5 miliar. Sedangkan sumbangan dari kelompok maksimal Rp 25 miliar. Lebih jauh Koordinator Divisi Hukum KPU Sultra ini menambahkan, melaporkan LADK adalah wajib. Karena ketika tidak dilaporkan akan akan ada sanksi tidak diikutkan dalam pemilu.

Tak berhenti disitu, 8 hari usai pemilihan, parpol harus menyampaikan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). “LPPDK ini juga bersifat wajib. Karena jika tak melaporkan maka KPU tidak akan menentapkan calon atau caleg terpilih,” ingatnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top