Pariwara
Edukasi

Inovasi Perpustakaan Poltekkes Kendari Masuk 10 Besar Nasional

Agus Setiawan/Kendari Pos
Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, SKM., M.Kes., saat mengajar anak-anak pada kawasan pesisir di Desa Samajaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

KENDARIPOS.CO.ID — Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan ((Poltekkes Kemenkes) Kendari kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Lembaga pendidikan kesehatan yang dipimpin Askrening SKM., M.Kes., berhasil masuk dalam 10 besar inovasi perpustakaan terbaik tingkat nasional (Kemenkes).

“Inovasi perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kendari, yakni dengan mendirikan taman baca diatas laut dikawasan pesisir Desa Samajaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, kami bisa masuk 10 besar perpustakaan terbaik di lingkup Kemenkes,” ujar Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Asktening, SKM., M.Kes.

Kata dia, inovasi perpustakaan Poltekkes Kendari merupakan satu-satunya UPT di bawah Kemenkes yang mendirikan taman baca di atas laut. “Mungkin karena inovasi ini terbilang langka, unik dan edukatif sehingga kami bisa lolos 10 besar bahkan berada di posisi 4 terbaik perpustakaan lingkup Kemenkes,” bebernya.

Askrening menjelaskan, pihaknya sengaja membuat taman baca di atas laut, Desa Samajaya karena kawasan tersebut tingkat pendidikan dan minat baca masyarakatnya masih rendah. Hal ini dikarenakan keterbatasan mereka yang tidak mampu membeli buku.

“Kami sebagai lembaga pendidikan sangat bertanggung jawab atas hal tersebut. Sehingga memotivasi kami mendirikan taman baca di atas laut yang dinamakan Sikola Dilao Sibebea Allo’na dalam bahasa Bajo yang artinya Sekolah Laut Bersama-sama Kita Bisa,” ungkapnya.

Ia pun berharap, selain inovasi perpustakaan ini bisa menjadi yang terbaik di lingkup Kemenkes yang akan diumumkan 9 Oktober 2018 mendatang. Ini juga membantu memecahkan masalah minat dan budaya baca masyarakat pesisir terutama anak-anak.

“Dengan hadirnya taman baca di kawasan pesisir itu, masyarakat dapat menjangkau dan mengkses bahan bacaan yang sesuai dengan minatnya, juga bisa menghindarkan masyarakat dari ancaman buta aksara,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dilaksanakan berkat kerja sama Unit Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kendari, Desa Samajaya, LSM Sultra Island Care, Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Jurusan Keperawataan Poltekkes Kemenkes Kendari, Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Lembaga Dakwah Kampus Poltekkes Kemenkes Kendari. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top