Pariwara
Politik

Desain APK di Baubau Belum Diserahkan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pada Pileg 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau akan memfasilitasi pembuatan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu. Hanya saja, jumlah tetap dibatasi. Untuk masing-masing Parpol, penyelenggara Pemilu menyiapkan 26 APK.

“Kami berkewajiban menyediakan APK dalam bentuk baliho dan spanduk. Untuk baliho masing-masing Parpol dijatah 10 buah dan 16 spanduk. Fasilitas yang sama juga bagi tim Capres-Cawapres,” kata La Ode Fridi, Komisioner KPU Kota Baubau saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (28/9).

Petunjuk teknis (juknis) fasilitas APK bagi peserta Pemilu sambung Koordinator Divisi Hukum ini, diatur dalam surat edaran KPU RI nomor 946. Tidak hanya jumlahnya, namun juga ukurannya. Untuk ukuran baliho maksimal 4×7 meter. Sedangkan spanduk 1,5X7 meter. “Saat ini, kami masih menunggu desainnya. Hingga kini, belum ada peserta Pemilu yang menyerahkan model dan desainnya,” ujarnya.

Lalu, apakah peserta Pemilu bisa mencetak APK sendiri? KPU membuka ruang untuk itu. Hanya saja, pembuatannya harus merujuk keputusan KPU RI nomor 1096/PL. 01.5-KPP/06/KPU/IX/2008, tentang juknis metode kampanye Pemilu 2019 menyebutkan setiap Parpol maksimal bisa mencetak lima APK untuk masing-masing kelurahan.

“Jadi kalau dihitung per partainya. Setiap partai punya hak untuk memasang APK tiap kelurahan lima APK. Kemudian terserah partai apa yang mau dicantumkan (dalam APK,red). Mulai dari logo partai, nama partai, nomor partai dan nama Caleg di dapil tersebut,” pungkasnya. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top